Unduh Aplikasi

Syarat Menjadi Perangkat Desa di Pidie Jaya

Syarat Menjadi Perangkat Desa di Pidie Jaya
Foto: Ist

PIDIE JAYA ‐ Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya meminta kepada keuchik (kepala desa) yang dilantik akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020 dalam kabupaten tersebut agar tidak merombak perangkat desa sebelum melihat kinerja perangkat desa lama.

Kepala Bagian Pemerintahan Sekdakab Pidie Jaya, Muslim Khadri menyebutkan, beberapa keuchik dalam kabupaten itu telah mengusulkan pergantian perangkat gampong, padahal keuchik tersebut belum menjabat enam bulan.

"Belakangan ini kami menerima pengajuan 13 gampong untuk menganti perangkat desa. Keuchik yang baru dilantik itu harus melihat dulu kinerja perangkat desa hingga 6 bulan," kata Muslim, Rabu (15/4).

Muslim menjelaskan, pergantian perangkat desa oleh keuchik yang baru dilantik dapat menghambat roda pemerintahan gampong.

"Untuk mengantisipasi terhambatnya pembangunan desa jangka panjang, maka keuchik yang baru itu harus melihat dulu kinerja perangkat desa yang mau diganti selama 6 bulan," pintanya.

Ia juga menegaskan, keuchik yang baru dilantik itu untuk tidak memaksa kehendak diri sendiri maupun timses dengan menganti perangkat yang sudah kompetensi daripada perangkat desa yang mau diganti.

Muslim menambahkan, setiap keuchik juga harus tunduk pada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 17 Tahun 2018 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Gampong dan Tata cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Gampong Dalam Kabupaten Pidie Jaya.
Serta Perbup Nomor 38 Tahun 2019 Tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika di Gampong Dalam Kabupaten Pidie Jaya.

Disamping itu, lanjutnya, perangkat desa di Pidie Jaya yang hendak diangkat harus memenuhi syarat, seperti menyertakan surat bebas narkoba, akte kelahiran, surat kemampuan membaca Alquran, SKCK, dan berita acara musyawarah.

"Setiap pergantian perangkat desa yang baru, harus memenuhi syarat, berusia minimal 20 tahun maksimal 42 tahun, berijazah minimal SMA, bebas narkoba, bisa membaca Alquran, dan memiliki akte kelahiran, " terangnya.

Komentar

Loading...