Unduh Aplikasi

Syahbandar Pelabuhan Calang: Kami Tidak Pernah Hambat Pendirian Koperasi

Syahbandar Pelabuhan Calang: Kami Tidak Pernah Hambat Pendirian Koperasi
Pelabuhan Calang, Aceh Jaya. Foto: Ist

ACEH JAYA - Syahbandar Pelabuhan Calang, Aceh Jaya membantah tudingan yang menyebut pihaknya menghambat pendirian Koperasi TKBM dengan tidak mengeluarkan rekom.

"Sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku, kami ini merupakan pembina Koperasi TKBM, jadi tidak mungkin seorang pembina menghambat yang dibinanya," kata Syahbandar Pelabuhan Calang yang disampaikan Azwana Amru Harahap selaku Pejabat Pembuat Komitmen Pelabuhan Calang kepada AJNN, Senin (14/10).

Baca: Syahbandar Pelabuhan Calang Dituding Hambat Pendirian Koperasi TKBM

Menurutnya, mengapa Koperasi TKBM harus dibina oleh Syahbandar, karena kinerja TKBM itu akan berpengaruh terhadap kemajuan pelabuhan, sementara yang menguasai pelabuhan itu adalah Syahbandar, maka dari itu harus ada koordinasi yang jelas sebelum pendirian koperasi di Pelabuhan.

Pasalnya, Koperasi TKBM itu nantinya juga akan didaftarkan di Induk Koperasi TKBM pusat, bukan hanya sebatas di pelabuhan atau di Pemerintah daerah saja.

Selain itu, pihaknya juga membeberkan beberapa alasan tidak mengeluarkan rekom atas pendirian Koperasi TKBM kepada Koperasi Jasa Bongkar Muat Pelabuhan Calang Bahagia Jaya yang diketuai oleh Erwin.

Alasan pertama itu karena pihak Pendirian Koperasi atas nama Koperasi Jasa Bongkar Muat Pelabuhan Calang Bahagia Jaya tidak pernah berkoordinasi dengan pihak Syahbandar Pelabuhan Calang selaku pembinanya terkiat pendirian koperasi tersebut.

"Alasan kedua yaitu akta notaris atas nama Koperasi Jasa Bongkar Muat Pelabuhan Calang Bahagia Jaya juga keliru, seharusnya di Akta Notaris itu harus disebutkan nama Pelabuhan Calang, tidak boleh yang lain," sebut Amru.

"Ada banyak yang keliru di Akta Notaris yang mereka buat, selain nama pelabuhan Calang yang tidak tertera dalam Akta, juga wilayah kerjanya yang dianggap jauh melenceng dari aturan Koperasi TKBM," jelasnya.

Selanjutnya, di Pelabuhan Calang juga sudah lama ada TKBM, bahkan sejak 2007 TKBM sudah beroperasi di Pelabuhan Calang, hanya saja belum jadi koperasi, namun rekom serta izin dari pemkab mereka sudah punya juga.

"Maka dari itu kami tahan dulu rekomnya, karena di Pelabuhan Calang sudah ada TKBM, jadi tinggal disempurnakan saja jadi Koperasi, sehingga tidak menimbulkan konflik antara TKBM lama dengan yang mau dibuat baru," katanya.

"Jadi tidak benar mereka bilang kami hambat pendirian Koperasi, malah kita sangat mendukungnya, bahkan yang mengusulkan ke pemkab untuk disempurnakan TKBM menjadi Koperasi di Pelabuhan Calang itu kita dulu, kita minta disempurnakan yang sudah berjalan di Pelabuhan, bukan dibuat koperasi baru," tambah Amru.

Selain itu, pihak Syahbandar juga menyarankan untuk rekonsiliasi lagi dengan pihak TKBM yang lama agar tidak menimbulkan masalah dikemuduan hari.

"Jadi kami tidak akan mengeluarkan rekom sebelum adanya rekonsiliasi dulu antara mereka, dan kalau rekom yang penting harus ada kesepakatan dulu antara mereka," pungkas Amru.

Komentar

Loading...