Unduh Aplikasi

Surati Mendag: Plt Gubernur Minta Kuota Gula Aceh Ditambah

Surati Mendag: Plt Gubernur Minta Kuota Gula Aceh Ditambah
Screenshot surat Plt Gubernur Aceh ke Menteri Perdagangan RI. Foto: Ist

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt), Gubernur Aceh, Nova Iriansyah telah menyurati Menteri Perdagangan RI, meminta proses percepatan pendistribusian dan penambahan kuota gula untuk Aceh.

Dalam surat bernomor 551/5365 yang ditandatangani langsung Nova Iriansyah pada, Selasa 24 Maret 2020 itu disampaikan perihal kelangkaan gula di Aceh saat ini.

Kelangkaan tersebut mengakibatkan harga jual komoditi gula ditingkat konsumen meningkat antara Rp 18.000 sampai Rp 20.000 per kilogram. Harga itu jauh di atas acuan penjualan tingkat konsumen sebagaimana ditetapkan pemerintah sebesar Rp 12.500 per kilogram.

Sementara disisi lain, kebutuhan konsumsi gula di Aceh dengan jumlah penduduk 5,3 juta jiwa diperkirakan sebesar 4028,64 ton setiap bulannnya.

Berkenaan hal tersebut dan untuk menjaga stabilitas harga komoditas gula khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19, dan datangnya bulan suci ramadhan beberapa pekan mendatang, Plt Gubernur Aceh meminta Menteri Perdagangan RI mempercepat proses pendistribusiannya.

"Kami harap bantuan bapak Menteri berkenan mempercepat pendistribusian gula dan meningkatkan kuota Aceh serta memberikan kesempatan kepada para pengusaha Aceh untuk dapat mengimpor langsung gula konsumsi guna memenuhi kebutuhan," kata Nova Iriansyah dalam surat itu.

Plt Kadisperindag Aceh, Muslem Yacob membenarkan surat tersebut telah dikirimkan ke Menteri Perdagangan RI guna meminta percepatan pendistribusian dan penambahan kuota gula untuk Aceh.

"Iya benar itu surat pak Plt Gubernur Aceh ke Mendag, meminta tambahan kuota gula untuk Aceh," ujar Muslem saat dikonfirmasi AJNN, Rabu (25/3).

Penambahan kuota gula ini, kata Muslem, agar masyarakat Aceh tetap tentram dalam menghadapi Covid-19. Apalagi menjelang ramadhan, gula menjadi kebutuhan penting masyarakat.

Iklan Pemutihan BPKB- Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...