Unduh Aplikasi

Surat KPU, Pengajuan Caleg Maksimum 100 Persen Berlaku di Aceh

Surat KPU, Pengajuan Caleg Maksimum 100 Persen Berlaku di Aceh
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengirimkan surat kepada seluruh Ketua KIP kab/kota di Aceh terkait dengan syarat calon Anggota DPR Aceh dan DPR kab/kota di Aceh.

Dalam surat bernomor 608/PL.01.4-SD/06/KPU/VI/2018, KPU memutuskan bahwa pengajuan calon anggota legislatif untuk setiap partai politik perserta pemilu di seluruh tingkatan hanya berlaku maksimum 100 persen, dari jumlah kursi pada setiap daerah pemilihan, baik untuk partai nasional maupun partai lokal.

“Ketentuan Pasal 244 Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 mengatur antara lain bahwa daftar bakal calon Anggota DPRD kabupaten/kota memuat paling banyak 100 persen dari jumlah kursi setiap daerah pemilihan,” tulis dalam surat tersebut yang diteken Ketua KPU Arief Budiman.

Surat KPU tentang pengajuan caleg paling banyak 100 persen. Foto: Ist

Selain itu, dalam surat tersebut dijelaskan bahwa tidak ada ketentuan lain setingkat undang-undang yang mengatur selain ketentuan sebagaimana tersebut pada angka 1 di wilayah tertentu, maka ketentuan tersebut berlaku untuk seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Aceh, dan seluruh kabupaten/kota di wilayah Provinsi Aceh.

Surat tertanggal 25 Juni 2018 itu juga meminta KIP kab/kota agar menyampaikannya hal sebagaimana tersebut pada angka 2 kepada seluruh pengurus partai politik di masing-masing daerah dipedomani dalam proses pencalonan pemilu anggota DPR kabupaten/kota tahun 2019 di wilayah Provinsi Aceh.

Aturan yang dikeluarkan KPU itu berbenturan dengan Qanun Nomor 3 Tahun 2008 tentang partai politik lokal peserta pemilihan umum anggota DPRA dan DPR kabupaten/kota yakni pada pasal 17 bahwa daftar bakal calon sebagaiman dimaksud dalam pasal 15 memuat paling banyak 120 persen dari jumlah kursi pada setiap daerah pemilihan.

Komentar

Loading...