Unduh Aplikasi

Surat Izin Penahanan Darmili dari Gubernur Sudah Diterima Penyidik

Surat Izin Penahanan Darmili dari Gubernur Sudah Diterima Penyidik
Bekas Bupati Simeulue Darmili. Foto: Net

BANDA ACEH - Kasipenkum Kejati Aceh, Munawal Hadi menyebutkan pihaknya telah menerima surat izin penahanan mantan Bupati Simeulue, Darmili dari Gubernur Aceh.

"Surat izin penahanan dari Plt Gubernur Aceh sudah ditandatangani dan sudah kita terima hari ini," katanya, Rabu (24/7).

Saat ini mantan Bupati Simeulue, Darmili menjabat sebagai anggota DPRK setempat, maka diperlukan persetujuan dari Gubernur Aceh untuk tindakan penyidikan selanjutnya.

Baca: Darmili Batal Diperiksa Penyidik Kejati Aceh

"Sesuai dengan Undang-undang Pemerintah Aceh (UUPA) pada pasal 29, setiap tindakan penyidikan terhadap anggota DPRA dilaksanakan setelah mendapat persetujuan tertulis dari Mendagri atau persetujuan gubernur atas nama Mendagri bagi anggota DPRK," ujar Munawal.

Ia menyebutkan, penyidik Kejati Aceh telah mengagendakan pemanggilan tersangka Darmili, anggota DPRK Simeulue tersebut untuk menjalani pemeriksaan pada hari Jumat 26 Juli 2019.

Baca: Jaksa Ajukan Surat Persetujuan Penahanan Mantan Bupati Simeulue ke Gubernur

"Panggilan pemeriksaan tersangka yang kedua kalinya telah di jadwalkan. Kita berharap yang bersangkutan bisa datang memenuhi panggilan penyidik," ujarnya.

Kasus dugaan korupsi pada Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS) mulai ditanggani Kejati Aceh pada 2015 lalu. Sedangkan penetapan mantan orang nomor satu di Simeulue itu sebagai tersangka sejak Maret 2016 dan saat ini belum ditahan.

"Dalam kasus ini penyidik juga telah menyita harta benda milik tersangka berupa satu unit rumah dan mobil sebagai barang bukti," ungkap Munawal.

 

iPustakaAceh

Komentar

Loading...