Unduh Aplikasi

Surat Edaran Wali Kota, Wisatawan Asing Dilarang ke Sabang

Surat Edaran Wali Kota, Wisatawan Asing Dilarang ke Sabang
Screenshot surat edaran Wali Kota Sabang. Foto: Ist

BANDA ACEH - Pemerintah Kota Sabang melarang wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke kota paling ujung barat Indonesia itu sampai batas waktu yang belum ditentukan. 

Larangan tersebut dituangkan dalam surat edaran Wali Kota Sabang, Nomor 440/1659. Tentang pencegahan penyebaran Covid 19 atau virus corona.

Surat ini berlaku sampai dengan pernyataan tentang penyebaran Covid 19 sebagai bencana nasional non alam dicabut. 

Selain wisman, Pemko Sabang juga menunda yacht dan kapal cruise (pesiar) untuk sementara waktu. Sementara jika ada kapal yang memang sudah berada di teluk Sabang untuk segera melanjutkan pelayaran. 

Kemudian, Wali Kota Sabang, Nazaruddin juga meliburkan aktivitas belajar mengajar mulai 16 sampai 29 Maret 2020. Selama waktu itu diminta untuk belajar di rumah. Sekolah aktif kembali pada Senin 30 Maret 2020.

Selain itu, Pemko Sabang juga meniadakan kegiatan lain seperti event-event, seminar dan rapat pemerintahan atau pihak lain yang dapat mengundang keramaian. 

Untuk kegiatan apel pagi, gabungan maupun sore yang dilaksanakan oleh perangkat daerah maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) agar dihentikan sementara waktu. Termasuk senam pagi di hari Jumat. 

Para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Sabang juga tak diizinkan melakukan perjalanan dinas ke luar daerah (luar provinsi). Serta melarang adanya kunjungan kerja instansi lain ke Sabang. 

Juga meningkatkan pengawasan kedatangan atau kunjungan domestik ke Kota Sabang. Menginstruksikan instansi pelayanan kesehatan agar siap siaga berkoordinasi apabila terjadi Covid 19.

Masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan diri dengan berprilaku bersih di berbagi tempat serta menghindari keramaian dan perjalanan tidak penting. 

Nazaruddin juga mengimbau masyarakat, jika mengalami gejala Covid 19, seperti demam, suhu tubuh diatas 38 derjat celcius, flu, batuk dan sesak nafas segera memeriksa kesehatan. 

Masyarakat diminta tidak berbelanja bahan pokok secara berlebihan agar stok tetap tersedia dan  aman. Juga tidak berangkat ke luar negeri dan luar provinsi yang terindikasi terdampak Covid 19.

Terakhir, Nazaruddin juga meminta operator kapal penyeberangan Balohan-Ulee Lheue wajib menyediakan hand sanitizer dan pembersihan berskala sesuai standar operasional prosedur (SOP), termasuk penyemprotan desinfektan. 

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...