Unduh Aplikasi

Sungai Meluap, Tiga Kecamatan di Aceh Utara Terendam Banjir

Sungai Meluap, Tiga Kecamatan di Aceh Utara Terendam Banjir
Pemukiman warga yang mulai terendam banjir di Matangkuli. Foto: Ist

ACEH UTARA -  Tiga kecamatan di Aceh Utara dilaporkan dilanda banjir luapan sungai. Sedikitnya 34 desa terendam. Ketinggin air berkisar antara 20-100 centimeter, Rabu (3/1).

Informasi dihimpun AJNN, banjir di Kecamatan Matangkuli merendam pemukiman warga di 21 desa sejak pukul 08.00 WIB. Banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Keureuto.

"Kita lakukan monitoring sejak pagi tadi. Banjir terjadi akibat debit air sungai yang tinggi pasca hujan deras beberapa hari ini terutama di kawasan di hulu sungai," ujar Kapolres Aceh Utara AKBP Untung Sangaji melalui Kapolsek Matangkuli Iptu Sudiya Karya saat dikonfirmasi AJNN.

Desa yang terendam banjir di Matangkuli meliputi Desa Lawang, Siren, Tanjong Haji Muda, Meunye Pirak, Pante Pirak, Leubok Pirak, Ceubrek Pirak, Alue Thoe, Hagu, Meuria, Alue Euntok, Tumpok Barat, Tanjong Tgk. Kari, Teungoh Seulemak, Mee, Baro, Parang Sikureung, Tanjong Tgk. Ali, Tanjong Babah Krueng dan Desa Blang.

"Ketinggian air hingga saat ini mencapai 80 sampai100 centimeter. Warga sudah mulai mengevakuasi harta benda dan hewan ternak. Tapi warga masih bertahan di rumah belum ada yang mengungsi" ungkapnya.

Hasil monitoring pihaknya, banjir juga melanda sembilan desa di Kecamatan Pirak Timu. Ketinggian air berkisar antara 30-40 centimeter. Banjir terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.

"Sungai Pirak juga meluap. Sejauh ini sembilan desa sudah tergenang banjir di Pirak Timu. Ketinggian air mencapai 40 centimeter," sebutnya.

Banjir di Pirak Timu melanda Desa Alue Bungkoh, Trieng Krueng Kreeh, Rayeuk Pange, Bungong, Meunasah Geulumpang, Meunasah Krueng, Bracan Rata, Asan Krueng Kreeh dan Desa Munthe VII.

"Saat ini kita sudah lakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Kita juga minta masyarakat siaga. Karena debit air sungai masih tergolong tinggi" tandas Sudiya.

Sejak pagi tadi, banjir luapan Sungai Keureuto juga melanda sedikitnya empat desa di Kecamatan Tanah Luas sekira pukul 07.30 WIB. Vanjir merendam Desa Tanjong Mesjid, Blang, Rayeuk Kuta dan  Serba Jaman Baro. Ketinggian air menggenangi pemukiman warga setinggi 30 centimeter. 

Komentar

Loading...