Unduh Aplikasi

Suhu Udara di Banda Aceh Mencapai 35 Derajat Celcius

Suhu Udara di Banda Aceh Mencapai 35 Derajat Celcius
ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH – Suhu udara tiga hari belakangan ini di Banda Aceh dan Aceh Besar terasa cukup terik dan menyengat pada siang hari. Ternyata suhu udara saat ini maksimalnya bisa mencapai angka 35 derajat Celcius.

Kasi Data dan Informasi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blangbintang, Aceh Besar, Zakaria Ahmad menyampaikan, saat ini untuk beberapa wilayah di Aceh masuk dalam musim kemarau, terlihta seperti sudah mulai berkurangnya curah hujan di Banda Aceh dan Aceh Besar.

“Suhu udara meningkat sejak Sabtu, tercatat suhu udara maximum 35 derajat celcius di Banda Aceh, dan curah hujan juga mulai berkurang, ” kata Zakaria kepada wartawan saat Senin (4/6).

Kata Zakaria, pada musim kemarau kebiasaan bakal disertakan juga dengan adanya peningkatan kecepatan angin yang dapat mengakibatkan patahnya dahan pohon serta peningkatan tinggi gelombang.

Zakaria menyebutkan, sebenarnya pada sebagian wilayah di Aceh memang sudah masuk musim kemarau sejak Maret 2018 lalu, namun tidak terjadi sekaligus karena Aceh memiliki tiga tipe daerah musim yakni tipe zom, Equatorial zom dan tipe non zom.

Untuk, tambah Zakaria, BMKG Aceh menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dengan api kompor atau saat membakar sampah dan lainnya supaya diperhatikan secara baik, sehingga hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran rumah dapat dihindari.

“Kita menghimbau kepada masyarakat yang ingin membuka lahan diharapkan tidak membakar hutan, karena kalau cuaca panas sangat mudah terjadinya kebakaran,” pinta Zakaria.

Komentar

Loading...