Unduh Aplikasi

Sudah Tiga Bulan Aceh Tidak Dikunjungi Turis

Sudah Tiga Bulan Aceh Tidak Dikunjungi Turis
Wisatawan Kapal Pesiar MS. Noble Caledonia asal Inggris, berkunjung ke sejumlah objek wisata di Banda Aceh, Kamis 6 februari 2014. Foto: Dok AJNN

BANDA ACEH - Terhitung sejak Mei hingga Juli 2020, tempat wisata di Aceh tidak dikunjungi para wisatawan mancanegara (wisman).

Kondisi ini disebabkan karena adanya pembatasan penerbangan dan palayaran luar akibat pandemi virus corona (Covid-19) yang telah menyerang berbagai belahan dunia.

"Tidak ada wisatawan mancanegara yang masuk melalui pintu kedatangan di provinsi Aceh pada bulan Juli 2020," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, Ihsanurijal dalam laporannya, Rabu (2/9).

Kata Ihsanurijal, kondisi saat ini mengalami penurunan sebesar 100 persen jika dibandingkan dengan Juli 2019 lalu. Sebelum virus corona menyerang.

"Selama pembatasan penerbangan dan pelayaran luar negeri, maka jumlah kedatangan wisman pada bulan Juli pun menjadi tidak ada," ujarnya.

Sementara itu, kalau dihitung secara kumulatif, pada Januari sampai Juli 2020 Aceh dikunjungi sebanyak 10.402 turis. Jumlahnya juga menurun dari periode 2019 lalu.

"Mengalami penurunan sebesar 35,65 persen kalau dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019," tutur Ihsanurijal.

Komentar

Loading...