Unduh Aplikasi

Sudah sepekan suplai air PDAM di Aceh Tengah macet

ACEH TENGAH - Suplai air PDAM Tirta Tawar Aceh Tengah mengecewakan, warga jalan Bulog Desa Blang Kolak Dua Kecamatan Bebesen Kabupaten setempat mengeluh, pasalnya, sejak satu pekan terakhir, supali air PDAM macet.

Saat ini, bagi warga yang tidak memiliki sumur, terpaksa mengandalkan air tadah hujan untuk keperluan rumah tangga, namun tak jarang pula warga kehabisan air bersih.

“Kondisi supali air PDAM sebelumnya juga sering macet, namun satu pekan terakhir ini kemacetan suplai air semakin parah” ujar salah seorang warga desa setempat Edi Sopian kepada AJNN, Sabtu (11/10) sore.

Hingga berita ini diturunkan, AJNN belum berhasil melakukan konfirmasi kepada pihak terkait, karena saat dihubungi direktur PDAM Tirta Tawar Aceh Tengah pada Sabtu (11/10/14) sore, yang bersangkutan tidak mengangkat telepon selulernya.
Pipa PDAM sering patah

Sementara itu, aliran pipa milik PDAM yang menghubungkan ke setiap rumah warga, khususnya di jalan Lembaga Kemili Desa Blang Kolak Dua Kecamatan Bebesen Aceh Tengah, juga sering mengeluarkan air dan tergenang di badan jalan.

Meluapnya air PDAM itu diakibatkan patahnya aliran pipa PDAM yang melintas dijalan tersebut. penyebab patahnya pipa itu, karena tekanan dari kendaraan yang melintas, baik roda dua maupun roda empat, yang melewati tepat pada penanaman pipa PDAM tersebut.

Salah seorang warga setempat Sengeda kepada AJNN mengatakan, penyebab patahnya pipa PDAM dan meluapnya air ke badan jalan, berawal dari pembuatan gorong-gorong yang mengharuskan penggalian badan jalan tepat pada posisi penanaman pipa PDAM, karena sebelum pembuatan gorong-gorong itu, pipa PDAM di jalan lembaga Kemili Desa Blang Kolak Dua tidak pernah mengeluarkan air hingga tergenang ke badan jalan.

“Setelah pembuatan gorong-gorong, pekerja tidak mengaspal ulang jalan yang telah tertanam pipa PDAM dengan maksimal, sehingga ketika ada tekanan dari kendaraan, pipa itu tersebut langsung patah,” katanya.

Dari pantauan AJNN pada sabtu (11/10) siang, petugas PDAM berada di lokasi untuk memperbaiki aliran pipa penyuplai air PDAM yang patah. Di kawasan tersebut pula, banyak terdapat badan jalan berlobang yang diduga akibat perbaikan pipa yang telah sering rusak. Karena setiap perbaikan dilakukan, mengharuskan para petugas PDAM menggali ulang sebagian aliran tanaman pipa untuk kemudian dapat diperbaiki.

NUSI
IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...