Unduh Aplikasi

Sudah Seharusnya Syariah

Sudah Seharusnya Syariah
KEPUTUSAN Pemerintah Aceh, sebagai pemilik saham utama Bank Aceh, untuk mengonversi bank itu menjadi bank berbasis islami adalah sebuah kabar melegakan. Sejak lama, keberadaan bank yang dikelola sesuai dengan hukum syariat itu, dinantikan oleh masyarakat Aceh yang memang lekat dengan ajaran Islam.

Memang sudah menjadi keharusan bagi pemerintah Aceh membentuk bank dengan sistem syariat. Meski menyandang predikat sebagai daerah bersyariat, hampir seluruh aspek pengelolaan keuangan di Aceh dikelola dengan sistem konvensional; riba.

Bisnis perbankan adalah bisnis kepercayaan. Karena itu, selayaknya bisnis ini dijalankan dengan memastikan setiap langkah yang diambil pengurus bank tetap berada pada “rel” amanah dan keterbukaan. Prinsip kehati-hatian dan asas-asas di dunia perbankan dengan sistem syariat harus dikedepankan untuk menghindari bank ini berjalan dengan sistem yang tidak mendapat keberkahan dan kebaikan bagi ummat.

Lebih dari pada itu, bank ini harus benar-benar mampu menjadi partner pertumbuhan perekonomian masyarakat Aceh. Bukan sekadar menghimpun dana dan menyalurkannya lewat kredit, atau sistem bagi hasil, yang ujung-ujungnya, membebani keuangan masyarakat. Keahlian Bank Aceh yang selama ini dikenal sebagai penyalur kredit konsumtif harus berubah menjadi lebih manusiawi; memberdayakan seluruh masyarakat Aceh.

Kegiatan utama bank adalah menghimpun dan menyalurkan dana dari dan bagi masyarakat. Dan untuk menghimpun dana, bank ini memerlukan kepercayaan lebih besar dari masyarakat. Perbankan islami tentu membutuhkan waktu untuk diterima masyarakat. Namun dengan sistem top-down yang akan diberlakukan pada bank Islam Aceh nanti, tentu kita optimis, pertumbuhan bank syariat benar-benar memberikan arti penting dalam masyarakat bersyariat Islam ini. Bank ini akhirnya diharapkan dapat menjadi rahmatan lilalamin.

Komentar

Loading...