Unduh Aplikasi

Sudah Dua Tahun Dikerjakan, Jembatan Penghubung Desa di Pidie Tak Kunjung Selesai

Sudah Dua Tahun Dikerjakan, Jembatan Penghubung Desa di Pidie Tak Kunjung Selesai
Kondisi jembatan penghubung Gampong Gigieng dan Gampong Pekan Tuha, yang sudah dua tahun dikerjakan tak kunjung selesai. Foto: AJNN.Net/Salman

PIDIE - Miris, jembatan penghubung Gampong Gigieng dan Gampong Pekan Tuha, Kecamatan Simpang Tiga, Pidi, tak kunjung selesai dikerjakan. Padahal proyek tersebut sudah dua tahun dikerjakan, akibatnya jembatan itu tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

Sekretaris Gampong Pukan Tuha, Mustafa kepada AJNN, Sabtu (13/7) mengatakan, saat ini jembatan tersebut hanya bisa dilalui sepeda motor, itupun harus hati-hati karena kondisi dibuat secara darurat menggunakan alas papan sejak dilakukan pembongkaran.

Dia menuturkan, jambatan ini juga lokasi pendaratan kapal para nelayan, sehingga sangat sulit mengangkut hasil tangkapan ikan untuk dipasok ke pasar Kota Sigli karena tidak bisa dilalui mobil.

"Saya berharap agar jembatan ini agar segera mungkin dirampungkan supaya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat," pinta Mustafa.

Secara terpisah, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Pidie Tantawi dikonfirmasi AJNN mengatakan, jembatan rangka baja mulai dikerjakan dari tahun 2017 dengan jumlah anggaran Rp 1,6 miliar dari sumber dana Otsus Kabupaten Pidie.

Kemudian pada 2018 dilanjutkan pembangunan tahap kedua oleh pihak dinas Propinsi Aceh dari sumber Dana Otsus Khusus Aceh (DOKA) dengan anggaran Rp 2,1 miliar.

"Untuk tahap pertama baru selesai pengerjaan bagian abutmen jembatan, sedangkan tahap kedua pemasangan rangka baja,"katanya.

Tantawi menambahkan, tahun ini jembatan rangka tersebut akan kembali dilanjutkan tahap pembangunan oprit dengan nilai anggaran Rp 1,4 miliar bersumber Otsus Kabupaten Pidie.

"Saat ini masih sedang dalam proses pelelangan dan dipastikan jembatan rangka baja itu akan selesai dibangun dalam tahun ini," ujarnya.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...