Unduh Aplikasi

Sudah 23 Calon Menteri yang Dipanggil Jokowi, Ini Nama-namanya

Sudah 23 Calon Menteri yang Dipanggil Jokowi, Ini Nama-namanya
Calon Menteri Jokowi (Foto: Antara Foto)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memanggil calon-calon menterinya jelang pelantikan esok hari. Total 23 orang berkemeja putih yang sudah dipanggil.

Pemanggilan itu berlangsung sejak Senin (21/10/2019) kemarin hingga hari ini, Selasa (22/10/2019). Para tokoh yang dipanggil kompak mengenakan kemeja putih.

Di hari pertama, tokoh yang dipanggil di antaranya Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud Md; founder Gojek, Nadiem Makarim; dan Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu. Untuk nama ketiga, ada 'drama' yang menyertainya. Meski sudah memakai kemeja putih ke Istana, ternyata Tetty tak jadi bertemu Jokowi. Dia hanya bertemu Ketum Golkar, Airlangga Hartarto lalu pulang dari pintu samping.

Masih di hari pertama, Jokowi juga memanggil rivalnya saat Pilpres 2019, Prabowo Subianto. Prabowo akan menjadi Menteri Pertahanan.

Hari kedua pemanggilan calon menteri diawali dengan kedatangan Sri Mulyani yang kembali menjadi Menteri Keuangan. Tokoh profesional maupun parpol lalu bergantian menemui Jokowi.

Hingga pukul 14.20 WIB, sudah ada 23 calon menteri (tanpa Tetty Paruntu) yang dipanggil Jokowi. Pemanggilan masih akan berlangsung hari ini. Mereka yang dipanggil bisa saja menjadi menteri, wakil menteri, maupun pejabat setingkat menteri.

Rencananya, para menteri akan diperkenalkan secara lengkap oleh Jokowi pada Rabu (23/10) pagi. Selanjutnya, mereka dilantik pada pukul 10.00 WIB.

Berikut nama-nama calon menteri yang telah dipanggil Jokowi:

1. Mahfud Md
2. Nadiem Makarim
3. Wishnutama
4. Erick Thohir
5. Tito Karnavian
6. Airlangga Hartarto
7. Pratikno
8. Fadjroel Rachman
9. Nico Harjanto
10. Prabowo Subianto
11. Edhy Prabowo
12. Sri Mulyani
13. Syahrul Yasin Limpo
14. Agus Gumiwang Kartasasmita
15. Juliari Batubara
16. Siti Nurbaya Bakar
17. Suharso Monoarfa
18. Basuki Hadimuljono
19. Fachrul Razi
20. Ida Fauziah
21. Bahlil Lahadalia
22. Zainuddin Amali
23. Abdul Halim Iskandar

Komentar

Loading...