Unduh Aplikasi

Stok Obat-obatan di RSUTP Abdya Kosong

Stok Obat-obatan di RSUTP Abdya Kosong
ACEH BARAT DAYA - Sejak empat bulan terakhir penyediaan obat-obatan di Rumah Sakit Umum Daerah Teuku Peukan (RSUTP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengalami ke kosongan. Akibatnya, keluarga pasien terpaksa membeli obat di apotik luar.

"Kata perawat, obat di apotik rumah sakit kosong, sehingga saya terpaksa harus membeli obat diluar dengan biaya sendiri," ungkap salah seorang keluarga pasien kepada AJNN, Selasa (2/8) di Blangpidie.

Namun, ia mengaku tidak mengetahui persolan kelengkaan obat-obatan di Rumah Sakit Teuku Peukan, padahal anggaran untuk itu memang sudah disedikan oleh pemerintah.

"Sudah saya tanya pada piket penjaga apotik rumah sakit, tapi tidak ada penjelasan," ujarnya.

Dirinya berharap, agar penyediaan obat-obatan di RSUTP Abdya bisa cepat teratasi, sehingga tidak menyusahkan para keluarga pasien yang membutuhkan.

Hal itu dibenarkan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) RSUDTP Abdya, Azhari. "Memang benar ada beberapa jenis obat-obatan yang tidak tersedia," tuturnya.

Menurutnya, kondisi kelangkaan obat di RSUTP Abdya, sudah terjadi sejak empat bulan terakhir dan hingga kini belum teratasi secara maksimal. "Bukan saat ini saja, bahkan kondisi itu sudah empat bulan terjadi dan belum bisa teratasi," imbuhnya.

Ia mengaku, kalau pihaknya telah melakukan berbagai upaya agar kekosongan sejumlah jenis obat di RSUDTP Abdya bisa teratasi seperti biasanya. "Apa yang di sampaikan keluarga pasien itu benar adanya, dan kami telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengatasinya namun, hasilnya baru sebagian jenis obat yang mampu kami sediakan saat ini," ujarnya.

Komentar

Loading...