Unduh Aplikasi

Stok Hewan Kurban di Banda Aceh Capai 1.953 Ekor

Stok Hewan Kurban di Banda Aceh Capai 1.953 Ekor
Sapi di salah satu penyedia hewan kurban di Banda Aceh. Foto: AJNN/Indra Wijaya.

BANDA ACEH - Jumlah persediaan hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1442 Hijriyah/2021 Masehi, di Kota Banda Aceh sudah mencapai 1.953 ekor.

Data tersebut diperoleh dari hasil rekapitulasi yang dilakukan petugas tim pemantauan dan pengawasan hewan kurban pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Banda Aceh.

Plt Kepala DPPKP Kota Banda Aceh drh. Mawardi Silvakarta menyebutkan, 1.953 ekor tersebut terdiri dari 540 ekor kambing dan 1.413 ekor sapi yang akan disembelih di sembilan kecamatan dalam wilayah Kota Banda Aceh.  Kendati demikian, menurut Mawardi, data tersebut akan terus bertambah seiring makin dekatnya hari raya Idul Adha 1442 H. 

"Data tersebut besar kemungkinan terus bertambah mendekati hari raya Idul Adha," kata Mawardi kepada AJNN, Rabu (14/7/2021).

Selaku dinas yang menangani fungsi peternakan di Kota Banda Aceh, pihaknya menurut Mawardi, juga telah membentuk tim pemantauan dan pengawasan terhadap kesehatan hewan kurban yang akan disembelih pada hari raya Iduldul Adha 1442 H, termasuk melakukan pengawasan pada saat pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Kota Banda Aceh.

“Pemerintah Kota Banda Aceh melalui DPPKP juga sudah mengirim surat pemberitahuan untuk kegiatan ini ke 90 desa dan 9 kecamatan di Kota Banda Aceh,” katanya. 

Berdasarkan data yang diperoleh DPPKP Kota Banda Aceh, pada tahun 2020 ada sebanyak 3.016 ekor hewan kurban yang disembelih, antara lain 1.620 ekor sapi, 1.394 ekor kambing dan juga ada domba dan kerbau masing-masing satu ekor.

Sedangkan pada tahun 2019 jumlah hewan kurban di Kota Banda Aceh  sebanyak 2.213 ekor yang terdiri dari 1.274 sapi dan 939 kambing, sehingga terjadi peningkatan sebanyak 803 ekor hewan kurban.

"Nah untuk tahun ini juga kemungkinan jumlah kurban di Banda Aceh akan bertambah. Karena biasanya setelah hari H itu, ada terjadi penambahan hewan kurban," pungkasnya.

Komentar

Loading...