Unduh Aplikasi

Status STAIN Malikussaleh Beralih Menjadi IAIN

Status STAIN Malikussaleh Beralih Menjadi IAIN
Tampilan laman IAIN Malikussaleh. Foto: Dedi Ridwan
ACEH UTARA - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malikussaleh Lhokseumawe resmi beralih status menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Kabar ini menyusul raihan akreditasi A Universitas Syiah Kuala dan Akridetasi B untuk Universitas Malikussaleh.

Kepastian tersebut diperoleh, setelah penerbitan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2016 tentang Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe. “Kami bersyukur Perpresnya sudah keluar. Akhirnya perjuangan panjang ini membuahkan hasil. Kita pantas mendapatkan status ini, karena perkembangan STAIN selama ini cukup pesat,” kata Afifuddin, Rektor IAIN Lhokseumawe, kepada AJNN, Selasa (9/8).

Prestasi ini, kata Afifuddin, tidak terlepas dari peran semua pihak. Mulai dari civitas akademika, tokoh masyarakat, Forkopimda Aceh Utara dan Lhokseumawe, anggota DPR dan pihak kementerian.

Dia berharap di masa mendatang, IAIN Malikussaleh dapat terus berbenah. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas dosen, memperbanyak karya ilmiah, meningkatkan sejumlah fasilitas gedung kuliah dan perpustakaan, termasuk meningkatkan status akreditasi setiap jurusan dan institusi.

Sementara itu, Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib yang dimintai tanggapannya, mengatakan pihaknya mengucapkan selamat kepada seluruh civitas akademika IAIN. “Mewakili masyarakat Aceh Utara, saya ucapkan selamat kepada civitas akademika IAIN. Kita patut berbangga karena status tersebut.”

Komentar

Loading...