Unduh Aplikasi

PERGUB CUTI HAMIL

SPAK Aceh: Waktu Cuti Enam Bulan Sudah Efektif

SPAK Aceh: Waktu Cuti Enam Bulan Sudah Efektif
BANDA ACEH - Koordinator Solidaritas Perempuan Anti Korupsi (SPAK) Aceh, Yulinda Wati menilai, Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 49 Tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif dengan waktu selama enam bulan sudah cukup memadai untuk proses pemulihan bagi perempuan yang melahirkan.

"Waktu enam bulan itu sudah sangat efektif supaya sang ibu bisa melakukan pemulihan total dan menyesuaikan diri dengan anaknya," ucap Yulinda Wati kepada AJNN, Kamis (18/8).

Yulinda menjelaskan, waktu selama enam bulan tersebut dapat digunakan untuk persiapan sebelum melahirkan kurang lebih satu bulan. Setelah melahirkan maka perempuan membutuhkan waktu untuk proses melewati masa nifas yaitu masa sesudah ibu melakukan persalinan kelahiran bayi, plasenta, dan masa ini bisa berakhir selama enam minggu setelah melahirkan untuk memulihkan kembali organ kandungan seperti sebelum hamil.

"Tapi, tidak semua perempuan dalam waktu 44 hari itu sudah bisa sembuh secara total, masih akan ada juga pendarahan," jelas Yulinda.

Yulinda menyampaikan, seusai melahirkan bayi, seorang ibu harus menjalani pemulihan secara keseluruhan organ kandungan dan hal itu membutuhkan waktu kurang lebih tiga bulan setelah persalinan.

Menurutnya, waktu cuti enam bulan sudah sangat efektif bagi seorang ibu dalam melewati seluruh proses melahirkan sampai dengan pemulihan secara total, sehingga mereka (perempuan yang melahirkan) mendapatkan sisa waktu selama dua bulan setelah pemulihan itu untuk terus bersama anaknya.

"Akan ada dua bulan waktu sisa untuk anak mendapatkan ASI eksklusif dari ibunya," imbuhnya.

Komentar

Loading...