Unduh Aplikasi

Sopir Angkutan Mudik Natal di Terminal Batoh Diperiksa Urine

Sopir Angkutan Mudik Natal di Terminal Batoh Diperiksa Urine
Sopir angkutan mudik Natal di cek urine. Foto: AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Sejumlah sopir angkutan mudik Natal di Terminal Batoh, Banda Aceh di periksa urinenya. Hal ini untuk memastikan sopir tersebut dalam kondisi baik dan tidak terpengaruh narkoba serta obat-obatan lainnya.

"Pemeriksaan urine ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di jalan raya akibat pengaruh narkoba dan obat-obatan lainnya," kata Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani didampingi Kepala Balai Transportasi Darat Wilayah I Aceh, Imam Sukandi, Kamis (24/12).

Sebanyak 22 sopir angkutan umum ambil bagian untuk dicek urinenya oleh petugas Biddokkes Polda Aceh.

Apabila ada yang positif menggunakan narkoba, kata Dicky, maka sopir tidak diijinkan melanjutkan perjalanan dan harus digantikan oleh supir cadangan.

"Dari hasil pemeriksaan, 22 sopir bus dinyatakan negatif, artinya mereka tidak mengkonsumsi narkoba maupun obat-obat berbahaya lainnya," ujar Dicky.

Dicky mengatakan pemeriksaan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Hal ini untuk menjaga keamanan dan keselamatan penumpang agar tidak terjadi kecelakaan dari faktor human error.

"Kegiatan ini setiap tahun di lakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemudik agar mereka sampai tujuan dengan selamat," sebut Dicky.

Selain memeriksa urine sopir angkutan umum mudik, pihak Ditlantas Polda Aceh juga mengingatkan para penumpang untuk jaga jarak. Muatan penumpang tidak boleh lebih dari 80 persen.

"Kita sudah ingatkan kepada pemilik jasa angkutan, muatan tidak boleh melebihi 80 persen. Saat ini masih situasi pandemi, takut adanya klaster baru Covid 19, " ungkapnya. 

Komentar

Loading...