Unduh Aplikasi

Solar Langka, Sudah Empat Hari Nelayan di Aceh Barat Tak Melaut

Solar Langka, Sudah Empat Hari Nelayan di Aceh Barat Tak Melaut
Sejumlah becak membawa jeregen untuk membeli BBM solar bagi nelayan. Foto: AJNN.Net/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Empat hari sudah sejumlah nelayan di Kabupaten Aceh Barat tidak melaut, dikarenakan kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar. Bahkan, ada nelayan yang merugi lantaran setelah membeli es, namun tidak mendapatkan solar sehingga tidak bisa mengoperasikan mesin boat mereka.

Sulitnya mendapatkan solar, karena Solar Packed Dealer Nelayan (SPDN) di Padang Seurahet tidak mendapatkan pasokan solar selama dua pekan ini.

Irfan, salah seorang nelayan mengatakan sejak tidak adanya pasokan solar di SPDN Padang Seurahet, untuk mendapatkan solar dari SPBU, mereka harus mendapatkan rekomendasi Dinas Kelautan Dan Perikanan (DKP) Kabupaten Aceh Barat.

Dan itupun, kata dia, tempat pembelian solar di SPBU sesuai dengan yang direkomendasikan oleh DKP, dan tidak boleh sesuai permintaan.

Baca: Solar Langka di Aceh Barat

"Yang capeknya lagi setelah dapat rekom, kami ke SPBU itu capek-capek antri tapi tidak kebagian karena kuota untuk SPBU tidak cukup," kata Irfan, kepada wartawan.

Menurutnya jika hari ini juga tidak mendapatkan solar, maka kembali tidak dapat melaut, dan jika kembali tidak melaut, maka kembali merugi karena memasuki lima hari tidak melaut.

Dikatakannya, jika menunggu solar dari SPDN, maka baru didapat minggu depan, lantaran menurut pengawas SPDN jatah solar untuk SPDN baru didapat 2 Desember mendatang.

"Kami berharap depo Pertamina menambah kuota biar kami tidak terlunta-lunta," ujarnya.

Komentar

Loading...