Unduh Aplikasi

Solar Langka di Sejumlah SPBU Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara

Solar Langka di Sejumlah SPBU Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara
Foto: Ist

LHOKSEUMAWE - Sejumlah mobil berbagai jenis terjebak antrian panjang di sejumlah SPBU Lhokseumawe dan Aceh Utara, akibat terjadinya kelangkaan BBM jenis Solar sejak dua pekan ini.

Hal ini menyebabkan kendaraan roda empat dan enam terpaksa ikuti antrian panjang disejumlah SPBU yang ada di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara dan beberapa kawasan lainnya.

Pantauan AJNN di lapangan, BBM jenis Solar kini mulai langka dan terkesan pasokannya tersedia dalam jumlah terbatas pada setiap SPBU yang melayani pada jam tertentu hingga menyebabkan terjadinya kemacetan panjang.

Salah seorang warga Kota Lhokseumawe M. Nasrullah mengatakan dirinya terpaksa terjebak dalam antrian panjang di SPBU Simpang Kutablang selama dua hingga tiga jam untuk mendapatkan giliran pengisian BBM jenis Solar.

Nasrullah sopir roda enam yang sehari-hari bekerja mengangkut material pasir dan tanah mengaku kondisi kelangkaan BBM jenis solar sudah terjadi hampir dua pekan lebih dan telah membuat masyarakat mengeluh.

"Sudah dua pekan terakhir kami sangat susah mendapat BBM jenis solar. Bilapun ingin mendapat BBM jenis tersebut kami harus dengan antrian panjang di SPBU," ujarnya kepada AJNN, Minggu (6/10).

Ironisnya, pasokan minyak solar yang terbatas di setiap SPBU justru melimpah ruah pada setiap lapak pedagang enceran di galon-galon mini di Aceh Utara dan Lhokseumawe.

“Bayangkan, di SPBU pasokan solar dan bensin terbatas untuk masyarakat, makanya setiap kali masuk minyak masyarakat langsung menyerbu dan antrian panjang di SPBU. Tapi anehnya, minyak solar justru banyak ditemukan pada pedagang enceran dengan harga mahal,” paparnya.

Nasrullah mengaku kondisi kelangkaan dan mahalnya harga BBM jenis Solar dan Premium diduga terjadi lantaran adanya permainan mafia minyak dengan pemilik SPBU yang memborong bensin di setiap SPBU menggunakan drum, jeurigen dan mobil yang dimodifikasi dalam kapasitas besar.

"Kita berharap ini menjadi perhatian pihak Pertamina dan Pemerintah atas kelangkaan Solar di SPBU selama beberapa pekan terakhir ini," harapnya. (Safrizal)

Komentar

Loading...