Unduh Aplikasi

PILPRES, ACEH DAN SENJATA ILEGAL (I)

Soenarko dan Aceh

Soenarko dan Aceh
Risman A Rachman

Oleh : Risman A Rachman

Soenarko saat ini sedang dibidik kasus serius, bukan hanya soal makar tapi juga disebut ada kaitannya dengan soal senjata, yang disebut diseludupkan dari Aceh.

Soenarko memang akrab dengan Aceh. Mantan Pangdam Iskandar Muda Ini, pernah mengejutkan jagad politik Aceh.

Pasalnya, pada Pilkada 2017, Soenarko ambil bagian menjadi juru kampanye tim pemenangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah.

Sebelum merapat ke Pasangan Irwandi - Nova, Soenarko dikabarkan sempat terlihat di deklarasi pasangan Tarmizi Karim-T. Maksalmina.

Padahal, pada Pilkada 2012 silam, Soenarko menjadi juru kampanye Partai Aceh (PA) untuk pasangan Zaini Abdullah-Muzakir Manaf (ZIKIR).  Entah apa sebabnya,  hanya Soenarko yang memahami.

Saat mendukung Muzakir Manaf, ada nuansa keharuan, dimana Muzakkir menempatkan Soenarko sebagai "saudara."

"Saya akan pulang ke Aceh, dan akan membantu pemenangan,"kata Soenarko menjawab telepon Muzakir Manaf yang akrab disapa Mualem itu.

Soenarko memang terbilang lihai dalam urusan politik. Pernyataannya saat pindah haluan mendukung Irwandi, dia menyebut soal tipu. Dalam.penilaiannya, janji-janji ZIKIR tidak terpenuhi.

"Maka itu, saya tidak mau ditipu kedua kalinya," kata Soenarko saat jumpa pers, Senin (6/2/2017) di Lhokseumawe.

Soenarko lahir di Medan, 1 Desember 1953. Menjabat sebagai Panglima Kodam Iskandar Muda pada 2008 hingga 2009. Kala itu ia menggantikan Mayjen Supiadin AS yang akan menjadi Asisten Operasi Panglima TNI.

Ada yang menarik, pada saat Soenarko diterima oleh Partai Aceh, seorang pengamat militer di Aceh, Teuku Ardiansyah mengatakan hampir tidak ada gebrakan dan prestasi apapun oleh Sunarko ketika menjabat di Aceh.

Kini, Soenarko dan Muzakkir Manaf kembali bertemu dalam Partai Gerindra yang mengusung Prabowo - Sandi. Di Gerindra mantan Danjen Kopassus sekaligus menjabat sebagai Ketua Bidang Ketahanan Nasional Partai Gerindra.

Kini, Mayjen Purnawirawan Soenarko ditangkap POM TNI atas dugaan makar dan penyelundupan senjata. Gerindra menyatakan prihatin dengan kejadian itu.

“Tentu kita prihatin ya, tentu kita akan melihat apa betul ditangkap karena itu,” kata Wasekjen DPP Partai Gerindra, Andre Rosiade saat diminta tanggapannya oleh Okezone atas penangkapan Soenarko, Selasa (21/5/2019).

Bagaimana perjalanan karis politik Soenarko yang sempat dipercaya sebagai Penasihat Khusus Bidang Pengembangn Investasi dan Pembangunan Energi oleh Irwandi Yusuf. Dalam politik selalu ada kejutan. Tingga tunggu saja

Penulis adalah Pemerhati Masalah Sosial Dan Politik. Berdomisili di Aceh

iPustakaAceh
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...