Unduh Aplikasi

SMUR Aceh Barat Kecam Penetapan Tersangka Terhadap Warga Suak Pante Breuh

SMUR Aceh Barat Kecam Penetapan Tersangka Terhadap Warga Suak Pante Breuh
Foto: Net

ACEH BARAT - Solidaritas Mahasiswa untuk Rakyat (SMUR) Aceh Barat mengecam terkait penetapan tersangka terhadap Rusdi N (35), atas dugaan pencemaran nama baik. Rusdi ditetapkan tersangka oleh kepolisian berdasarkan laporan dari Kepala Desa Suak Pante Breuh, Kecamatan Samatiga, Rahmat.

Camerad SMUR Aceh Barat, Oges, menilai ada kejanggalan terhadap kasus tersebut. Sebab, masyarakat hanya mempertanyakan kejelasan terkait penyaluran anggaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa pada rapat yang dihadiri unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan Samatiga, akan tetapi malah dilaporkan atas tuduhan pencemaran nama baik.

"Kami menilai bahwa kasus tersebut sangat janggal karena tidak sepatutnya masyarakat yang mempertanyakan kejelasan penyaluran dana BLT pada rapat muspika malah diseret keranah hukum dengan tuduhan pencemaran nama baik," kata Oges, Kamis (24/9).

Oges mengatakan pihaknya mengecam tindakan pihak kepolisian yang melakukan penjemputan tanpa menunjukan surat tugas kepada 11 orang warga Desa Suak Pante Breuh, yang kemudian dibawa ke Polsek Samatiga.

Baca: Warga Jadi Tersangka Usai Gelar Aksi Protes BLT, GeRAK Aceh Barat Bakal Surati Kompolnas

"Kami mengecam tindakan pihak kepolisian yang menjemput 11 orang masyarakat desa tanpa adanya surat tugas dan menyalahi aturan yang ada pada saat tahap penyelidikan awal di Polsek Samatiga, seperti penjelasan Rusdi pada kami," sebut Oges

Selain itu, Oges mendesak kepolisian setempat dan inspektorat untuk mengusut penyaluran dana BLT di Desa Suak Pante Breuh. Sebab, jika BLT DD tersebut dibagi secara adil dan merata sesuai dengan hak penerima, maka tidak akan melahirkan protes dari warga.

"Seharusnya pihak kepolisian maupun inspektorat mengusut kejelasan dana BLT tersebut yang entah kemana, bukannya fokus kepada kasus pencemaran nama baik, karena itu awal yang menjadi sumber permasalahan," ungkap Oges.

Komentar

Loading...