Unduh Aplikasi

SMA di Banda Aceh akan Gelar Ujian Akhir Secara Tatap Muka di Tengah Pandemi

SMA di Banda Aceh akan Gelar Ujian Akhir Secara Tatap Muka di Tengah Pandemi
ilustrasi. Foto: Detik

BANDA ACEH - Sejumlah sekolah tingkat SMA sederajar di Banda Aceh akan menggelar ujian akhir semester dengan sistem tatap muka di tengah pandemi Covid-19, yang direncanakan 30 Novembber mendatang.

"Ujian akhir yang dilaksanakan secara tatap muka ini tetap dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat," kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh,  Rachmat Fitri HD melalui Kepala Dinas Pendidikan Aceh Cabang Banda Aceh dan Aceh Besar, Lila Rosnilawati.

Dikatakan Lila, selama ini, sekolah di Banda Aceh menerapkan proses belajar dengan sistem dalam jaringan (daring). Namun, proses ujian akhir harus dilaksanakan secara tatap muka karena menggunakan komputer.

“Ujian mereka itu datang ke sekolah dan pakai komputer dengan menerapkan protokol kesehatan. Menerapkan sistem sifht, tidak semuanya satu kelas sampai 30 orang,” tutur Lila Rosnilawati.

Selama proses belajar daring, kata Lila, memang tidak semua siswa mampu menyerap mata pelajaran maksimal, layaknya saat belajar tatap muka. Persoalan ini tentunya menjadi tugas para dewan guru.

Ia menyebutkan, Dinas Pendidikan Aceh telah mengintruksikan agar para guru lebih kreatif dalam menangani persoalan tersebut. Misalnya, apabila ada keluhan-keluhan daripada siswa, guru tersebut harus mencari solusi, apakah mendatangi para siswa atau sebaliknya.

“Anak-anak kita yang tidak paham boleh datang ke sekolah, langsung dibimbing sama gurunya, ada yang 2-3 orang, yang kurang paham diperbolehkan belajar tatap muka dengan guru,” jelas Lila.

“Kami mengharapkan siswa ini, mereka itu harus belajarlah dengan bagus, kemudian perlu juga belajar diskusi beberapa orang mereka, agar dapat menerima sama dengan kawan yang lain,” katanya.

Komentar

Loading...