Unduh Aplikasi

Siswa SMP 6 Sawang Wakili Aceh dalam Program Pertukaran Pelajar Sabang-Merauke

Siswa SMP 6 Sawang Wakili Aceh dalam Program Pertukaran Pelajar Sabang-Merauke
ACEH UTARA - Aulia (14), pelajar dari Dusun Dama Buleun, Desa Riseh Tunong, Kecamatan Sawang, Aceh Utara akan mewakili Aceh dalam program pertukaran pelajar Sabang-Merauke yang dipusatkan di Jakarta, mulai 6-28 Agustus 2016.

Kepastian tersebut diperoleh setelah Aulia lolos 15 besar dari seleksi yang diselenggarakan para alumni pengajar muda Indonesia.

"Aulia jadi salah satu dari 15 peserta yang lolos program ini, dimana mereka harus bersaing dengan 1.123 siswa dari 24 provinsi dan 80 kabupaten di seluruh Indonesia," ujar Arina, alumni pengajar muda kepada AJNN, Jumat, (5/8).

Arina menambahkan, selama di sana para pelajar akan tinggal bersama keluarga angkat yang sudah disiapkan panitia.

"Mereka akan belajar tentang toleransi, pendidikan dan keindonesiaan dengan tinggal bersama selama hampir sebulan. Harapan kita, mereka akan tumbuh jadi generasi Indonesia mandiri dan menghargai keberagaman," imbuh Arina.

Aulia sendiri mengaku bangga bisa mewakili daerah dan Aceh pada umumnya dalam program tersebut.

"Saya senang sekali. Saya mau kampanyekan pada orang lain jika orang Aceh itu baik-baik dan cinta damai. Aceh sudah aman," ucap siswa SMPN 6 Sawang tersebut.

Sementara itu, Zulkifli Usman, ayah kandung Aulia saat mengantarkan anaknya ke bandara menuturkan, dirinya senang dan bangga anaknya bisa berprestasi.

"Dia bisa ke Jakarta saja saya sudah bangga. Harapannya dengan program ini, dia bisa melanjutkan pendidikan," katanya.

Sebagai informasi, program pertukaran pelajar Sabang-Merauke ini merupakan program tahunan yang digagas oleh para alumni pengajar muda Indonesia. Para pelajar akan dididik dengan tinggal dan bersosialisasi lingkungan baru. 2016 merupakan tahun keempat pelaksanaan program tersebut.

Komentar

Loading...