Unduh Aplikasi

Simulasi Gempa, Pegawai TBBM Pertamina Krueng Raya Berhamburan

Simulasi Gempa, Pegawai TBBM Pertamina Krueng Raya Berhamburan

ACEH BESAR - Kepanikan hebat melanda pegawai Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM), PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I di Gampong Meunasah Mon Kec Masjid Raya, Aceh Besar, Rabu (16/11). Puluhan pegawai yang tengah disibukkan rutinitas bekerja berhamburan keluar ruangan menyelamatkan diri setelah gempa 8 Skala Richter (SR) mengguncang, sekira pukul 09.00 WIB.

Kuatnya guncangan membuat sejumlah pegawai menyelamatkan diri ke bawah meja serta kursi, berlindung dari reruntuhan bangunan. Pasca gempa, Kepala operasi (Operation Head) TBBM Krueng Raya, Arjuna juga memerintah penghentian operasional TBBM, dan meminta bagian Health, Safety, Securty dan Environment (HSSE) mengevakuasi pekerja ke titik aman serta mendata korban selamat serta luka.

Kepanikan pegawai yang telah berkumpul di areal titik aman TBBM kian parah, setelah Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan bahwa gempa 8 SR yang berlokasi 3,4 LS/95,7 BT dengan kedalaman 30 Km itu berpotensi tsunami. Tim HSSE terus berupaya menenangkan pegawai sembari mengevakuasi baik korban luka maupun selamat ke dalam truck serta ambulance untuk dievakuasi ke tempat yang lebih aman, menjauh dari laut.

Seluruh rangkaian kegiatan diatas merupakan skenario Simulasi Keadaan Darurat yang digelar PT Pertamina (Persero) MOR I wilayah kerja TBBM Krueng Raya bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Aceh Besar. Simulasi melatih kesiapan pegawai dalam menghadapi dan mengantisipasi bencana, bila sewaktu waktu terjadi.

“Kami berharap dengan simulasi ini seluruh pegawai siap mengantisipasi berbagai kemungkinan sehingga dampak dari bencana itu minimal dapat kita tekan. Dengan jaraknya yang hanya 800 meter dari bibir pantai, TBBM Krueng Raya ini bisa dipastikan dapat terganggu. Ini juga belajar dari tsunami 2004 silam," kata Asistant Manager PT Pertamina (Persero), Setiawan didampingi Kepala Operasi TBBM Krueng Raya Arjuna.

Komentar

Loading...