Unduh Aplikasi

Sikap Lembek di Jalan Keras

Sikap Lembek di Jalan Keras
Ilustration. European.

KEPOLISIAN harus bertindak tegas terhadap pengguna jalan. Tidak terkecuali terhadap kelompok pengendara sepeda motor atau klub-klub kendaraan bermotor lain.

Kejadian yang dialami oleh Waled Ibrahim, yang meninggal dunia karena tertabrak anggota klub motor di Lambaro, Aceh Besar, harusnya jadi pelajaran bahwa siapa saja berpotensi celaka akibat aksi ugal-ugalan di jalan raya.

Kelakuan sekelompok orang saat berada di atas motor memang kerap menjengkelkan. Mereka menjadikan jalan sebagai tempat menebar aksi.

Mereka memaksa pengguna jalan lain menyingkir dari jalan yang akan dilewati. Mereka juga tak segan memaki saat mendapati pengguna jalan yang enggan menyingkir.

Meski tak separah daerah lain, geng motor, klub motor atau paguyuban para premotor, di Aceh juga kerap mengabaikan keselamatan orang lain saat melintas. Tak peduli seberapa besar ukuran mesin kendaraan dan usia mereka.

Kepolisian sebenarnya tak perlu ragu bertindak. Mereka seharusnya diingatkan untuk tetap menjaga ketertiban saat berkendara bersama-sama. Polisi cukup berpegang pada aturan yang tercantum dalam undang-undang berlalu lintas.

Jika didapati pelanggaran, maka polisi berhak memberikan sanksi dan sepatutnya menjatuhkan sanksi kepada si pelanggar.

Polisi harus memberikan edukasi kepada para pengguna jalan, baik lewat  media massa atau menggunakan simpul-simpul komunitas bermotor.

Saat melintasi jalan mulus di Aceh, para pengguna kendaraan bermotor juga harus mampu alat pembunuh yang membahayakan keselamatan pengguna jalan.

HUT Pijay

Komentar

Loading...