Unduh Aplikasi

Sidang Sengketa Informasi, GeRAK Tunjukan Bukti Awal Keberadaan Dana Aspirasi

Sidang Sengketa Informasi, GeRAK Tunjukan Bukti Awal Keberadaan Dana Aspirasi
ilustrasi

BANDA ACEH - Sidang sengketa informasi terkait permintaan dokumen program dana aspirasi Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) oleh Gerakan Anti Korupsi (Gerak) Aceh memasuki tahap ajudikasi. Lembaga swadaya antirasuah ini menemukan sejumlah bukti dana titipan anggota dewan di sejumlah Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA).

"Kepada majelis persidangan, kami memperlihatkan bahwa program aspirasi dewan benar-benar ada," kata Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Anggaran GeRAK Aceh, Fernan, Kamis (10/11).

Bukti tersebut adalah dokumen dana aspirasi dewan tahun anggaran 2010 yang langsung ditandatangani pejabat publik berwenang. Bukti lain adalah foto layar pernyataan pejabat publik tentang keberadaan program dana aspirasi dewan.

Pada ajudikasi lanjutan (tahap 2), pihaknya menyiapkan bukti lain untuk lebih menguatkan keberadaan dana aspirasi ini ke SKPA. Dengan demikian, pihaknya dapat meyakinkan para termohon, dan terutama majelis komisioner KIA, agar dapat menunjukkan dokumen dana aspirasi sebagaimana yang disengketakan oleh Gerak.

Sidang yang dipimpin Afrizal Tjoetra tersebut hanya dihadiri tiga dari enam SKPA sebagai dimohonkan informasi. Ketiga dinas itu adalah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pembantu Dinas Bina Marga, Dinas Pendidikan dan Dinas Cipta Karya, serta satu orang dari kuasa atasan PPID dan pelaksana harian PPID utama.

Sedangkan tiga SKPA, Dinas Pengairan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Aceh tidak menghadiri sidang ajudikasi itu.

Kepada majelis hakim, Fernan menyatakan kesediaan lembaganya untuk mencari dan mempersiapkan informasi yang dimintai GeRAK terkait program dana aspirasi dewan tersebut.

Komentar

Loading...