Unduh Aplikasi

Sidang Kasus Penyebaran Video Ma’ruf Amin, Kuasa Hukum Terdakwa Sampaikan Pledoi

Sidang Kasus Penyebaran Video Ma’ruf Amin, Kuasa Hukum Terdakwa Sampaikan Pledoi
Sidang lanjutan terdakwa penyebar video Ma’ruf Amin di PN Lhokseumawe. Sarina

LHOKSEUMAWE – Sidang perkara penyebar video Ma’ruf Amin menggunakan baju Santa Claus yang dilakukan oleh Tgk Safwan Bin (Alm) Ahmad Dahlan terus berlanjut di Kantor Pengadilan Negeri (PN) Lhokseumawe. Sidang yang ke 10 kali ini dalam rangka pembacaan pledoi (pembelaan) dari kuasa hukum terdakwa.

“Hari ini dalam rangka penyampaian pledoi dari kami penasehat hukum. Tadi sudah kita sampaikan kalau kita membantah seluruh tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) bahkan kita juga membantah dakwaan alternative yang pertama dan ketiga,” kata Penasehat Hukum Terdakwa, Armia didampingi oleh tiga penasehat hukum lainnya.

Kesimpulan tadi, sambungnya, bahwa tuntutan JPU tidak terbukti secara sah dan tidak meyakinkan menurut hukum. Sehingga dalam persidangan tersebut pihaknya memohon kepada majelis Hakim supaya membebaskan terdakwa dari segala tuntutan dan dakwaan.

“Kita temukan banyak fakta persidangan yang tidak sesuai dengan dakwaan JPU, fakta-fakta persidangan itu misalnya, ahli bahasa mengatakan bahwa ini bukan kebencian SARA. Ini hanya terhadap pribadi Ma’ruf Amin, jadi ini tidak masuk ke kualifikasi kebencian SARA,” ungkapnya.

Selain itu sambungnya, ahli agama Tgk Safriadi juga menyebutkan kalau hal yang dilakukan oleh terdakwa dalam rangka menyampaikan ceramah tentang larangan mengucapkan selamat natal dan itu semua ada dalilnya dalam Alquran, hadist, kitab dan juga ijma’ para ulama.

“Itu jelas bukan suatu kebencian SARA karena terdakwa hanya menyampaikan edukasi publik ataupun ceramah. Meskipun JPU tetap pada tuntutannya, kita juga tetap pada pledoi supaya terdakwa dibebaskan dari segala dakwaan,” imbuhnya.

Amatan AJNN, sidang yang digelar sekitar pukul 11.00 WIB di ruang sidang Garuda dipimpin langsung oleh Hakim Ketua, Azhari dan Hakim Anggota Sulaiman dan Kasim.

Sementara Jaksa Penuntut Umum (JPU) yakni Fakhrillah, semntara ruang sidang terlihat sepi dari rekan dan kerabat terdakwa. Sementara sidang lanjutan akan dilaksanak pada 21 Mei 2019 dalam rangka pembacaan putusan
Foto : Sidang lanjutan terdakwa penyebar video Ma’ruf Amin di PN Lhokseumawe. Sarina

Komentar

Loading...