Unduh Aplikasi

Sidak ke Dinkes, DPRK Aceh Tengah Pastikan Wabup Kuasai Lima Mobil Dinas

Sidak ke Dinkes, DPRK Aceh Tengah Pastikan Wabup Kuasai Lima Mobil Dinas
Wakil Ketua DPRK Aceh Tengah, Edi Kurniawan, (baju putih) didampingi sejumlah anggota komisi C saat melakukan sidak ke Dinkes Aceh Tengah, tampak hadir Kadinkes Jayusman dan Sekretaris Effendi. Foto: AJNN/Fauzi Cut Syam

ACEH TENGAH - Kabar miring terkait lima unit mobil operasional, yang dipakai untuk kepentingan dinas Wabup Aceh Tengah, Firdaus SKM, berbuntut panjang.

Komisi C DPRK Aceh Tengah yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRK Edi Kurniawan, Selasa (31/12) melakukan sidak ke Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Tengah untuk memastikan sejumlah mobil dinas SKPK tersebut.

Pada kesempatan yang sama, komisi C juga ingin memastikan keberadaan satu unit mobil jenis Double cabin Mitsubishi/Triton 2.5 L DC Exceed, BL 8079 GB tahun 2016 yang seharusnya merupakan aset Dinas Kesehatan Aceh Tengah.

"Kedatangan kami hari ini untuk membantah pernyataan pihak Pemkab Aceh Tengah, yang menyebutkan bahwa wakil bupati hanya memakai tiga unit mobil dinas, bukan lima seperti yang diberitakan oleh media," ujar Wakil Ketua DPRK Aceh Tengah, Edi Kurniawan kepada AJNN.

Menurut Edi kalaupun tiga unit yang dipakai, sebenarnya juga sudah menyalahi aturan Permendagri no 7 tahun 2006 tentang standarisasi sarana prasarana pemerintah daerah. Selain itu, pihaknya ingin memastikan siapa sebenarnya yang mengunakan mobil jenis Double cabin Mitsubishi/Triton 2.5 L DC Exceed, BL 8079 GB tahun 2016 yang sebelumnya merupakan aset Dinas Kesehatan Aceh Tengah.

Edi mengungkapkan bahwa keberadaan mobil double cabin tersebut bukan diserahkan oleh dinas kesehatan kepada wakil bupati, namun Kadis Kesehatan, Jayusman menyerahkan mobil double cabin tersebut kepada Sekda Aceh Tengah, Karimansyah yang selanjutnya mobil tersebut diperuntukkan untuk mobil operasional wabup.

Baca: Temuan DPRK Aceh Tengah: Wabup Kuasai Lima Mobil Dinas

Hal ini sesuai dengan dokumen berita acara serah terima yang diperoleh AJNN dari pihak DPRK, dokumen dengan nomor 028/2039/BAST/DINKES/2019 tentang penyerahan kendaraan operasional roda empat dinas kesehatan menyebutkan bahwa sekda Aceh Tengah Karimansyah selaku pihak pertama telah menerima satu unit mobil jenis Double cabin Mitsubishi/Triton 2.5 L DC Exceed tahun 2016. Kendaraan ini diserahkan oleh Jayusman, yang dalam surat tersebut menjabat Plt Kadis Kesehatan Aceh Tengah selaku pihak kedua.

Dari hasil sidak tersebut, komisi C memastikan bahwa benar Wabup Aceh Tengah memiliki lima mobil operasional yang salah satunya merupakan aset dinas kesehatan 

"Kami menyayangkan kejadian ini, saya berharap pihak pemkab, melalui bagian aset bisa mengembalikan aset daerah sesuai peruntukannya," ujar Edi Kurniawan.

Kadinkes Aceh Tengah, Jayusman didampingi Sekretaris Dinas Effendi tidak banyak memberikan tanggapan terkait temuan komisi C tersebut, namun dirinya mengungkapkan kalau saat ini Dinkes Aceh Tengah memiliki 461 kendaraan dinas operasional yang terdiri dari roda empat dan roda dua. Kendaraan ini digunakan untuk mendukung kegiatan sejumlah petugas kesehatan di daerah terpencil, terutama bidan desa.

Dari dokumen yang diperoleh AJNN, ada lima unit mobil yang saat ini dipakai untuk mendukung kegiatan wabup dan salah satu merupakan mobil operasional Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Aceh Tengah.

Kelima mobil tersebut yaitu, satu Toyota/New kijang Innova 2.4 V M/T diesel Vin 2019 no mesin C652144 tahun 2019 dengan nomor polisi BK 1412 AB. Dokumen serah terima mobil ini terdapat dalam berita acara serah terima kendaraan dinas pengadaan tahun anggaran 2019 dengan nomor; 030/1690/BPKK/2019. Kendaraan ini diperuntukkan untuk mobil operasional Ketua tim penggerak PKK kabupaten Aceh Tengah, mengetahui Sekda Karimansyah.

Kedua, mobil jenis Double cabin Mitsubishi/Triton 2.5 L DC Exceed, BL 8079 GB tahun 2016 dengan berita acara serah terima nomor 028/2039/BAST/DINKES/2019, mengetahui Wabup Aceh Tengah, H Firdaus.

Ketiga, mobil Toyota New Alphard 2.5 GA/T tahun 2019,  nomor polisi BK 1002 dengan nomor berita acara serah terima kendaraan dinas pengadaan tahun anggaran 2019 nomor 030/421/BPKK/2019, mengetahui Sekda Karimansyah.

Selanjutnya dari data yang AJNN peroleh dari daftar lampiran surat keputusan Bupati Aceh Tengah nomor 814/634/umum/2018, tentang pemakaian kendaraan dinas di Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Tengah terdapat dua unit kendaraan dinas lain yang dimiliki wabup.

Kedua mobil dinas tersebut yaitu, Toyota Fortuner tahun 2013 BL 2 G dengan nomor register 0010 dan Toyota Innova GM/T DSL Tahun 2014, BL 116GB dipakai untuk Pamtup Wakil Bupati.

Dalam berita sebelumnya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh Tengah, Zulkarnain menjelaskan bahwa tidak benar ada lima mobil yang dikuasai oleh Wakil Bupati Aceh Tengah.

"Mobil yang ada sama bapak wabup sebenarnya cuma tiga unit, yaitu satu Toyota Alphard dan dua unit Inova, sedangkan mobil Mitsubishi double cabin merupakan mobil dinas milik anaknya dokter Hendra, yang berdinas Dinkes," ujar Zulkarnain.

Komentar

Loading...