Unduh Aplikasi

Siasati Pandemi, Siswa SMA Aceh Singkil Ikuti Pola BDR

Siasati Pandemi, Siswa SMA Aceh Singkil Ikuti Pola BDR
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH SINGKIL - Siasati kondisi pandemi corona, siswa SMA di Aceh Singkil ikuti pola Belajar Daring (BDR) dan Luar Jaringan (Luring) agar pembelajaran tetap efektif dan efisien.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rachmat Fitri HD melalui Kacabdin Aceh Singkil/Subulussalam, Asbaruddin, sistem itu diterapkan agar tetap efektif dan efisien dalam pembelajaran siswa tingkat SMA, mengikuti pola BDR.

"Pola BDR menerapkan dua metode, yakni metode Daring (online) dan Luar jaringan (Luring)," ujar Asbaruddin.

Sebagaimana diketahui pembelajaran daring, yakni mengikuti materi pelajaran secara online menggunakan android. Sedangkan luring pembelajaran di luar jaringan internet guru bisa datang ke rumah kelompok siswa, maupun sebaliknya.

"Siswa datang ke sekolah, diberikan bahan materi pelajaran oleh guru lalu kembali ke rumah dikerjakan dan balik lagi mengantarkan ke sekolah,"jelasnya.

Kedua metode itu, sebutnya, berlaku untuk semua kelas tingkat SMA.  Sehingga pembelajaran tetap efektif dan efisien kendati dalam situasi pandemi Corona.

Walau itu merupakan aturan kebijakan dari Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemerintah Provinsi Aceh, namun kebijakan utamanya tetap ada di sekolah masing-masing karena menyangkut dengan corona pihak sekolah yang lebih mengetahui jumlah terpapar.

Seperti SMA Pulau banyak siswanya tetap belajar tatap muka ke sekolah, kebijakan itu dilakukan karena jumlah paparan Covid-19 nihil di kawasan itu dan lagi pembelajaran Daring tak maksimal.

Kemudian sebenarnya kalau diklasifikasi sebenarnya kawasan Pulau Banyak masuk kategori zona hijau, namun karena klasifikasi perkabupaten kawasan itu masuk kategori zona merah.

Di sisi lain, kepala sekolah berhak untuk memberhentikan sementara kegiatan belajar mengajar dan lain sebagainya, kalau langsung terpapar warga, baik siswa maupun guru. Bahkan orang tua siswa bisa meminta langsung untuk tidak sekolah anaknya.

Asbaruddin juga menambahkan kondisi proses belajar mengajar tingkat SMA di Subulussalam tetap berlangsung, meski Subulussalam, masuk zona oranye.

Dan lagi, ujarnya Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Subulussalam mendukung situasi itu.

|KHAIRUMAN

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...