Unduh Aplikasi

Setop Kekerasan dan Teror

Setop Kekerasan dan Teror
Ilustrasi.

MENJELANG pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2017, intensitas kekerasan semakin meningkat. Kasus penggranatan yang terjadi Bener Meriah, adalah salah satu contoh nyata. Ini adalah bentuk provokasi yang akan terus terjadi.

Ketegangan politik di akar rumput juga semakin terasa. Padahal suasana aman dan damai adalah hal penting dalam pelaksanaan pilkada. Kasus-kasus kekerasan, ujaran kebencian dan perusakan alat peraga adalah hal yang akan terus dirasakan oleh masyarakat.

Kasus-kasus ini menunjukkan rendahkan jaminan rasa aman di masyarakat. Teror, penganiayaan, dan intimidasi adalah alat yang akan terus digunakan untuk terus menggerus rasa aman di masyarakat.

Di kota-kota besar, hal ini akan berdampak besar. Namun di daerah-daerah pedalaman Aceh, alat-alat kekerasan ini sangat efektif dalam menciptakan ketakutan di masyarakat. Seharusnya kepolisian dapat mendeteksi potensi ini sejak dini dan melakukan pencegahan.

Kepolisian juga harus mengungkap teror dan kasus kekerasan oleh aktor politik. Ini adalah cara satu-satunya untuk mengembalikan rasa aman di masyarakat. Kepolisian harus lebih teliti dan cermat dalam menyikapi berbagai bentuk intimidasi, termasuk kepada para pengawas dan penyelenggara pemilihan.

Masa-masa ini adalah saat yang sangat rentan digunakan oleh para penjahat politik untuk membentuk opini bahwa Pilkada Aceh tak aman. Jangan berikan mereka panggung. 

Komentar

Loading...