Unduh Aplikasi

Setiap Hari, TPA Kota Banda Aceh Hasilkan 230 Ton Sampah

Setiap Hari, TPA Kota Banda Aceh Hasilkan 230 Ton Sampah
TPA Gampong Jawa. Foto: Net.

BANDA ACEH - Dalam seharinya, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kota Banda Aceh menghasilkan 230 ton sampah dari seluruh Kota Banda Aceh.

"Dan jumlah itu setiap harinya masih ditransfer lebih kurang sebanyak 180 ton ke TPA Regional Blang Bintang," kata Kasi Teknologi Pengelolaan Sampah, DLHK Banda Aceh, Rosdiana kepada wartawan di Suzuya Mall, Banda Aceh, Kamis (10/6/2021).

Karena jumlah yang tidak sedikit itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi penggunaan sampah plastik.

"Kita mengimbau masyarakat untuk beralih ke tas belanja ramah lingkungan. Karena di Indonesia sendiri yang menghasilkan sampah terbesar itu ada plastik, dan berakhir di laut," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada pemilik swalayan, supermarket dan mall agar membatasi penggunaan kantong plastik.

"Mulai sekarang, masyarakat bisa mengurangi penggunaan kantong plastik, dengan cara beralih ke tas ramah lingkungan," jelasnya.

Mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Kota Banda Aceh, pada 5 Juni lalu juga sudah mengeluarkan Peraturan Wali Kota no. 111 tahun 2020, tentang pembatasan penggunaan kantong plastik sekali pakai di Swalayan, Supermarket dan Mall.

Dalam Perwal tersebut ditetapkan bahwa, setiap hari Senin, sebagai hari tanpa kantong plastik. Selain itu, pelaku usaha juga tidak memberikan plastik secara cuma-cuma ke konsumen, tetapi memberikan biaya tambahan Rp500 rupiah.

HUT Pijay

Komentar

Loading...