Unduh Aplikasi

Setelah Rio Capella, KPK Umumkan Gatot dan Istrinya Tersangka Bansos

Setelah Rio Capella, KPK Umumkan Gatot dan Istrinya Tersangka Bansos
Gatot
KPK mengumumkan penetapan anggota DPR yang juga Sekjen NasDem Patrice Rio Capella sebagai tersangka dugaan penerimaa suap terkait penanganan kasus di Kejaksaan Tinggi Sumut dan Kejaksaan Agung. Selain itu, KPK juga menetapkan Gubernur Sumut Gatot Pudjo Nugroho dan istrinya Evy Susanti sebagai tersangka.

Hal tersebut disampaikan Plt Pimpinan KPK Johan Budi dalam jumpa pers di KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (15/10/2015).

"Dari hasil gelar perkara dan permintaan keterangan baik dari keterangan saksi maupun tersangka dalam kasus yang lain, penyidik menyimpulkan telah ditemukan dua bukti permulaan yang cukup, yang kemudian disimpulkan telah terjadi dugaan tindak pidana korupsi yang diduga dilakukan oleh GPN selaku Gubernur Sumut bersama dengan ES," jelas Johan.

"Sangkaan pasal baik pada GPN maupun ES, diduga melanggar pasal 5 ayat 1 huruf a huruf b, atau pasal 13 UU nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi," jelas Johan.

Pasal 5 terkait memberi atau menjanjikan sesuatu kepada PNS atau penyelenggara negara. Hukuman maksimal yaitu 5 tahun penjara dan denda Rp 250 juta.

Penetapan tersangka Gatot, Evy dan juga Rio merupakan pengembangan dari penanganan perkara yang duduga dilakukan dalam proses penanganan perkara bantuan daerah atau bansos, kemudian tunggakan bagi hasil ke sejumlah BUMD di Provinsi Sumatera Utara.

DETIK

Komentar

Loading...