Unduh Aplikasi

Setelah Jabat Tangan Ramli dan Tengku Jenggot

Setelah Jabat Tangan Ramli dan Tengku Jenggot
Ilustrasi: the convertation.

JALAN perdamaian yang ditempuh oleh Zahidin alias Tengku Jenggot dan Ramli MS, Bupati Aceh Barat, adalah jalan terbaik. Setelah memakan banyak waktu, energi dan biaya, perselisihan keduanya akhirnya tuntas.

Namanya damai, rujuk, atau apapun istilahnya, tetap saja ada pihak yang merasa tak puas. Namun tetap saja, hal ini akan membawa kebaikan bagi keduanya.

Dari peristiwa ini, kedua pihak hendaknya bisa mengambil pelajaran penting sehingga kasus serupa tak perlu terulang lagi. Bahkan dalam banyak hal, kondisi ini hanya memantik persoalan lain yang menambah musuh yang tak perlu.

Padahal Aceh Barat membutuhkan banyak energi untuk membangun. Meski memiliki kekayaan alam melimpah, dalam urusan kesejahteraan, para pemangku kepentingan di daerah ini masih harus membenahi banyak hal.

Keberadaan perkebunan sawit, tambang emas, pertanian, dan perkebunan lain belum mampu mengangkat derajat kehidupan masyarakat. Bahkan saat ini, masih banyak warga Aceh Barat yang menghuni rumah seadanya, hanya beratap rumbia dan berdinding kayu kelapa.

Lantai tanah dan sanitasi buruk masih jadi pemandangan yang wajar di daerah ini. Sumber daya alam yang ada tak mampu dikelola karena para pemangku kebijakan lebih asyik mengurusi hal-hal sepele, yang jauh dari upaya perbaikan kualitas hidup masyarakat. 

Belum lagi di sisi kesehatan dan pendidikan. Terlalu banyak masalah yang dihadapi masyarakat dan itu sepertinya luput dari perhatian kepala daerah, mungkin karena terlalu banyak menanggung masalah di luar urusan pemerintahan.

Buruknya cara pemerintah daerah mengelola masyarakat ini juga seharusnya bisa diperbaiki. Tentu saja setelah Ramli berdamai dengan Tengku Jenggot. Perselisihan panjang ini, sedikit banyak, akan mempengaruhi kehidupan keduanya. Demikian juga perdamaian di antara keduanya.

Mari sama-sama berdoa agar Ramli dapat segera melakukan terobosan-terobosan. Dia perlu segera mencari cara untuk meletakkan Kembali pondasi pembangunan Aceh Barat menjadi daerah yang lebih baik lagi. 

Mungkin dengan menggandeng Tengku Jenggot, yang notabene berada di luar pemerintahan, Ramli dapat menjawab tantangan-tantangan itu. Kasihan masyarakat Aceh Barat. Rakyat Aceh Barat seperti tak punya kepala daerah yang bertanggung jawab atas harta, nyawa dan martabat.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...