Unduh Aplikasi

Server rusak. Pelayanan administrasi kependudukan Pidie Jaya terganggu.

PIDIE JAYA-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pidie Jaya, Drs. Abdul Syakur mengatakan, saat ini, semua pelayanan administrasi kependudukan di kabupaten setempat terganggu, karena server yang memuat seluruh data penduduk rusak akibat terkena rembesan hujan beberapa hari lalu.

"Server yang rusak adalah server SIAK versi terbaru (4.0). Server itu memuat seluruh data penduduk Pidie Jaya seperti NIK, E-KTP, akte kelahiran nomor KK dan sebagainya yang menyangkut dengan admistrasi penduduk," kata Abdul Syakur kepada AJNN di ruang kerjanya, Kamis (4/12).

Ia memaparkan, untuk tetap bisa memberikan pelayanan bagi masyarakat dalam pengurusan administrasinya, saat ini pihaknya menggunakan server versi lama ( versi 3.0 dan 2.2.7 ). Namun, sebutnya, versi lama tersebut tidak lengkap memuat seluruh data penduduk, sehingga pelayanan bagi masyarakat menjadi terhambat.

Kerusakan server tersebut, diungkapkannya, pihaknya sudah melaporkan ke bupati setempat, Disdukcapil Propinsi Aceh, dan Kementrian Dalam Negeri di Jakarta. " Namun Propinsi Aceh setelah kami laporkan sampai dengan saat ini belum ada tanggapan apa apa," ungkapnya.

Abdul Syakur menjelaskan, untuk memperbaiki server tersebut, juga telah mendatangkan ahli yang menangani server tersebut. Akan tetapi, menurut ahli yang menangani server SIAK versi 4.0 seluruh aceh itu, ada hardware yang harus di ganti untuk dapat difungsikan kembali.

" Dari laporan kami ke jakarta, tim dari jakarta tersebut akan ke Banda Aceh tanggal tujuh bulan ini. Kami diminta untuk membawa alatnya yang rusak itu,"imbuhnya.

Katanya, berdasarkan perintah dari Kementrian Dalam Negeri, mulai tanggal 1 Desember 2014, proses pencetakan e-KTP dilakukan di masing masing kabupaten kota seluruh Indonesia, Kabupaten Pidie Jaya tidak dapat melaksanakannya karena server versi 4.0 tersebut rusak.

" Kita sudah menerima 3100 lembar blangko e-KTP untuk dicetak disini, printer dan alat alat lain juga sudah lengkap. Tapi karena server itu rusak pencetakan e-KTP untuk saat ini belum bisa kita lakukan," tuturnya.

IKHSAN PM

Komentar

Loading...