Unduh Aplikasi

Sering Direndam Air Pasang, Petani Abdya Gunakan Tanggul Darurat

Sering Direndam Air Pasang, Petani Abdya Gunakan Tanggul Darurat
Goyongroyong
BLANGPIDIE - Petani di Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan gotong royong bersama, guna membuat tangul darurat sebagai bentuk antisipasi agar air pasang tidak merendam sawah mereka.

Melimpahnya air pasang ke sawah petani membuat tanaman padi areal persawahan seluas 70 hektar terletak di Desa Rubek Meupayong, Panjang Baru dan Desa Ladang, di Kecamatan setempat sering gagal panen.

Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan (Kadistannak) Abdya Maswadi kepada AJNN Sabtu (24/10) menjelaskan, kegiatan gotong royong bersama dalam membangun tanggul sementara itu dikerjakan secara sukarela dan material untuk membangun tanggul dibantu secara swadaya oleh Distannak Abdya dan Kodim 0110/Abdya.

“Pembangunan tersebut, sebagai antisipasi air pasang surut ke sawah para petani dan kegiatan ini dibantu oleh Pemkab Abdya melalui Distannak dan jajaran Kodim 0110/Abdya bahu-membahu dengan petani agar persoalan air pasang ini dapat teratasi, sambil menunggu pembangunan break water ditahun depan,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Abdya, Erwanto SE MA, kepada awak media saat meninjau warga yang sedang membangun tanggul sementara di areal persawahan Rubek Meupayong, Jum’at (23/10/) mengatakan, kondisi yang dialami petani di wilayah pesisir Kecamatan Susoh itu sudah lama terjadi.

Maka dari itu, untuk menanggulangi persoalan air pasang tersebut, Pemkab Abdya telah mengusulkan rencana pembangunan Break Water di kawasan Muara Rubek dalam APBK Abdya tahun 2016 mendatang.

Tujuannya agar air pasang dari muara tidak masuk ke areal persawahan. Namun untuk sementara, pada saluran air yang langsung terhubung ke areal persawahan para petani itu dibangun tanggul penahan air sementara.

“Jika terjadi luapan air pasang, airnya tidak masuk ke areal persawahan dan hanya tertahan di sekitar tanggul. Pada saat pasang surut, air dapat dengan cepat mengalir ke muara kembali dan langsung ke laut,”kata Wabup Erwanto saat melakukan gotong royong bersama petani untuk membangun tanggul sementara secara manual.

JULIDA FISMA

Komentar

Loading...