Unduh Aplikasi

Sering Banjir, Warga Mon Mata Minta Pemkab Aceh Jaya Bangun Penutup Saluran

Sering Banjir, Warga Mon Mata Minta Pemkab Aceh Jaya Bangun Penutup Saluran
Ilustrasi kondisi banjir di Aceh Barat. Foto: Darmansyah Muda
ACEH JAYA - Pembangunan box cover atau penutup saluran air di jalan Banda Aceh Meulaboh dinilai menjadi solusi mengatasi banjir yang kerap menggenangi pemukiman warga Gampong Mon Mata, Kecamatan Krueng Sabe Aceh Jaya saat musim hujan.

Pasalnya, saluran yang dibangun pemerintah setempat, kerap tersumbat sehingga tak dapat dialiri air yang bermuara ke laut lepas.

"Saat banjir kemarin, ketinggian air di gampong kami sampai satu meter karena saluran pembuangan yang ada saat ini sering tersumbat,"kata Fajri warga Mon Mata kepada AJNN, Rabu (31/8).

Menurutnya kondisi tersebut terus terjadi saat musim penghujan karena debit air yang besar dari Krueng Sabee tidak teraliri dengan cepat ke laut. Untuk mengatasi kondisi tersebut warga terpaksa bergotong royong membuka saluran yang tersumbat.

"Hampir setiap musim hujan warga terpaksa bergotong royong membersihkan saluran baik dari sampah maupun eceng gondok. Kemarin saat banjir terakhir juga begitu, kami berharap pemerintah membangun box cover sabagai solusinya,"kata Fajri.

Krueng Sabee merupakan satu dari sembilan Kecamatan di kabupaten Aceh Jaya yang kerap direndam banjir genangan saat musim hujan. Sebanyak 2,139 jiwa dari 642 kepala keluarga menetap di kecamatan dengan jumlah tujuh desa tersebut.

Komentar

Loading...