Unduh Aplikasi

Seratusan Santri Dayah di Aceh Jalani Rapid Test

Seratusan Santri Dayah di Aceh Jalani Rapid Test
Santri Dayah Mahyal Ulum Al-Aziziyah, Aceh Besar sedang menjalani pemeriksaan rapid test. Foto: Ist

ACEH BESAR - Seratusan santri Dayah Mahyal Ulum Al-Aziziyah, Gampong Sibreh Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar menjalani rapid test, Kamis (11/6). Pemeriksaan rapid test tersebut diinisiasi oleh Dinas Pendidikan Dayah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Aceh yang dipusatkan di lingkungan dayah.

Hal ini sesuai Intruksi Gubernur Aceh Nomor 10/INSTR/2020 tanggal 4 Juni tentang percepatan pelaksanaan pemeriksaan Covid-19 melalui rapid test.

Kadis Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El-Madny mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui status para santri apakah mereka terpapar Covid-19 atau tidak.

Usamah mengapresiasi penegakan protokol medis di lingkungan dayah. Menurutnya, peran ulama dan pimpinan dayah di garda terdepan sangat dibutuhkan dalam memutuskan rantai pandemi Covid-19.

"Kepada para abu-abu pimpinan dayah yang telah mulai kembali melaksanakan belajar mengajar. Ini sebagai sarana menyiapkan kader sebagai generasi pemimpin ummat," ujarnya.

Sementara itu, pimpinan Dayah Mahyal Ulum Al-Aziziyah Tgk Faisal Ali mengatakan, selama ini memang dayah yang dipimpinnya itu telah melakukan protokol kesehatan Covid-19.

"Bagi para santri yang baru balik dari kampung, maka Kami mengisolasi mandiri mereka selama 15 hari, begitu juga dengan para dewan guru, juga demikian," ucap pria yang akrab disapa Lem Faisal itu.

Wakil Ketua MPU Aceh itu juga menuturkan keinginannya agar para santri selalu sehat, tidak terkendala masalah kesehatan, agar mereka tenang dalam proses belajar bengajar.

"Santri tidak perlu was-was karena ini semata-mata demi kebaikan kita semua," imbuhnya.

Lem Faisal mengingatkan, para santri tidak perlu takut terhadap rapid test. Karena rapid test bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan. Hanya dicek kesehatannya saja. Jika nanti dikabarkan positif, maka akan menjalani perawatan intensif.

“Masalah kesehatan maka kita serahkan kepada pihak yang mengerti persoalan kesehatan," tutur Lem Faisal.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...