Unduh Aplikasi

Serang Satgas Paskhas di Bandara Aminggaru, Satu Anggota KSB Tewas Ditembak

Serang Satgas Paskhas di Bandara Aminggaru, Satu Anggota KSB Tewas Ditembak
Ilustrasi anggota KSB yang tewas. Foto: IST.

PAPUA - Kontak tembak terjadi antara Satgas Paskhas TNI AU yang sedang melaksanakan pengamanan Bandara Aminggaru Ilaga dengan Kelompok Separatis Bersenjata (KSB). Sabtu (19/2)

Peristiwa kontak tembak antara Personil Paskhas TNI AU yang di pimpin oleh Serka Koiri itu terjadi sekitar pukul 09.30 WIT di area Bandara Aminggaru, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak.

Kejadian bermula saat Anggota Satgas Paskhas TNI AU yang berada di Pos 25 Bandata Aminggatu Ilaga yang dipimpin oleh Sertu Moh Syafi’i beserta 3 orang personil sedang melaksanakan pengamanan di area Ujung Runway Bandara Aminggaru, ditembaki oleh KSB dari arah utara Bandara.

Mendengar tembakan itu Anggota Satgas yang sedang bertugas langsung membalas tembakan ke arah datangnya bunyi tembakan dan selanjutnya langsung melaporkan ke Pos 07 untuk melaksanakan perkuatan di Pos 25.

Hingga pada pukul 09.50 WIT gabungan aparat TNI -Polri dari Satgas Pamtas Mobile Yonif R 715/MTL, Satgas Pamrahwan Yonif R 500/SKT, sisa Personil Satgas Paskhas TNI AU yang ada di Pos, Satgas Opster Kodim Persiapan Ouncak, Satgas elang 2, Koramil 1714-93/Ilaga, Satgas Opster Kodim Persiapan Puncak, Satgas elang 2, Koramil 1714-03/Ilaga, Nemangkawi,Satgas Brimob BKO Polda Papua, dan Polres Puncak tiba di tempat Kejadian Perkara.

Akibat insiden baku tembak itu satu orang anggota KSB meninggal dunia dengan 4 tembakan, yang belakangan terungkap bahwa anggota KSB tersebut bernama Terra Uamang.

Jenazah langsung di evakuasi di Puskesmas Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

Namun serangan KSB tidak berhenti sampai di situ, pada pukul 12.00 WIT, gabungan aparat kemanan TNI-Polri yang sedang melaksanakan penyisiran dan pengejaran kembali mendapatkan tembakan dari arah dari KSB dari ketinggian, tepatnya dari arah utara bandara, dan kemudian mendapat balasan tembakan oleh aparat TNI Polri.

Wakapos Satgas Elang 2 Mayor Inf Bayu meminta kepada seluruh aparat agar menerapkan siaga satu, dan meminta kepada aparat TNI-Polri agar selalu melaksanakan koordinasi.

Komentar

Loading...