Unduh Aplikasi

Sepuluh Negara Delegasi Anggota HELP Bertandang ke BPBA  

Sepuluh Negara Delegasi Anggota HELP Bertandang ke BPBA  
 
BANDA ACEH – Sebanyak sepuluh negara delegasi anggota High Level Expert and Leader Panel on Water and Disaster (HELP) melakukan kunjungan ke Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA). Kunjungan ini dalam rangka fieldtrip atau studi lapangan rangkaian kegiatan konferensi HELP kedelapan di Jakarta, Senin (31/10) lalu.
 
Rombongan delegasi diketuai oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang diwakili oleh Direktur Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Heru Suprayogi. Delegasi HELP, kata Heru, datang ke Aceh dalam rangka studi lapangan melihat langsung ide dan pengalaman dalam mengelola bencana tingkat lokal di Aceh.
 
“HELP berharap setiap penelitian yang dikembangkan di Aceh akan bermanfaat bagi kita untuk mengurangi risiko bencana,” kata Heru, Rabu (2/11).
 
Sebab, kata dia, strategi terpadu yang melibatkan koordinasi dan partisipasi aktif masyarakat dalam kesiapsiagaan bencana akan menjadi salah satu isu paling ditunggu oleh banyak pihak.
 
Kepala Pelaksana BPBA Said Rasul di waktu yang sama mengucapkan penghormatan dan terima kasih kepada bekas Bekas Kepala Badan Rehabilitas dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias, Kuntoro Mangkusubroto. Menurutnya, Kuntoro telah menjadi bagian penting dalam membangun Aceh pasca tsunami 2004 hingga pulih kembali seperti sekarang.
 
Selain itu, Said Rasul juga menjelaskan beberapa kegiatan penanggulangan bencana yang dilakukan BPBA. Baik itu pra bencana, saat bencana, maupun kegiatan pasca bencana.
 
Beberapa program yang disampaikannya yaitu, pengurangan risiko bencana (PRB), perlindungan masyarakat dan pemulihan kondisi dari dampak bencana. 
 
“Kegiatan PRB berbasis masyarakat yang telah dilakukan antara lain program desa tangguh bencana, kegiatan drill atau simulasi bencana gempa, tsunami, banjir, gunung api,” sebut Said.
 
Dikatakan, beberapa kegiatan peningkatan kapasitas dan edukasi seperti program sekolah aman bencana, pelatihan aparat, sosialisasi di sekolah dan masyarakat juga menjadi kegiatan BPBA selama ini.
 
Adapun kesepuluh negara delegasi anggota HELP, berasal dari Jerman, Jepang, Belanda, Amerika Serikat, Perancis, Malaysia, Myanmar, Nigeria dan Indonesia.
 
Acara tersebut juga dihadiri oleh Rektor UIN Ar-Raniry, Ketua Program Studi Kebencanaan Unsyiah, Ketua TDMRC, perwakil TNI, POLRI, SKPA, SAR Banda Aceh, PMI, BPBD Banda Aceh dan Aceh Besar.

Komentar

Loading...