Unduh Aplikasi

Sepuluh Delegasi Negara Studi Bencana dan Air ke Aceh

Sepuluh Delegasi Negara Studi Bencana dan Air ke Aceh
BANDA ACEH – Sebanyak sepuluh delegasi negara anggota High Level Expert and Leader Panel on Water and Disaster (HELP) melakukan fieldtrip atau studi lapangan ke Banda Aceh, Rabu (2/11).
 
Panitia pelaksana kegiatan fieldtrip, Herman mengatakan, sejumlah delegasi ini, mengunjungi beberapa tempat, seperti Museum Tsunami, Kapal dan PLTD Apung. Sebelumnya, mereka juga mendengar pemaparan mitigasi bencana Aceh di Badan Penanggulangan BencanabAceh (BPBA).
 
“Kegiatan juga dihadiri Pak Kuntoro,” kata Herman. Kuntoro hadir memberi keterangan sedikit banyaknya terkait masa pemulihan Aceh pasca Tsunami 2014 lalu. Ia merupakan Bekas Kepala Badan Rehabilitas dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias.
 
Kedatangan delegasi organisasi yang menangani air dan bencana ini ke Aceh, merupakan rangkaian kegiatan konferensi HELP kedelepan yang digelar di Jakarta 31 Oktober sampai 1 November 2016 kemarin. Mereka kemari melihat langsung kebangkitan Aceh yang bangkit karena menjadi salah satu wilayah terkena dampak bencana akibat air.
 
Untuk diketahui, HELP merupakan organisasi yang didirikan untuk membantu komunitas internasional, pemerintahan dan pemangku kepentingan dalam memobilisasi dukungan politik dan sumber daya untuk mengatasi berbagai masalah air dan bencana di dunia.
 
Organisasi ini dipimpin oleh bekas Perdana Menteri Republik Korea Han Seung Soo yang kini menjadi Chairman HELP. Saat ini anggota HELP terdiri dari 34 orang anggota, berasal dari 18 negara. Di Indonesia, yang menjadi termasuk Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Kuntoro Mangkusubroto dan Menteri PUPR Republik Indonesia Basuki Hadimuljono.

Komentar

Loading...