Unduh Aplikasi

Seorang Petani Jadi Tersangka Kasus Kematian Gajah di Pidie

Seorang Petani Jadi Tersangka Kasus Kematian Gajah di Pidie
Kapolres Pidie AKBP Zulhir Destrian memperlihatkan sejumlah barang bukti yang menyebabkan seekor gajah liar mati tersengat arus listrik. Foto: AJNN/Salman

PIDIE-Bustami (33) petani asal Gampong Tuha Lala, Kecamatan Mila, Kabupaten Pidie ditetapkan sebagai tersangka kasus kematian seekor gajah jantan liar di kawasan Glee Cut, gampong setempat, pada Rabu (9/9). Kematian satwa dilindungi itu akibat tersengat aliran listrik di kebun tersangka. 

Kapolres Pidie AKBP Zulhir Destrian, Selasa (29/9) dalam jumpa pers di Mapolres Pidie mengatakan, kasus kematian gajah liar dilaporkan Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh setelah dilakukan otopsi. Kemudian unit Tipiter Satuan Reskrim (Satresktim) melakukan penyelidikan dengan memintai keterangan dari saksi-saksi yang berada di lokasi kematian gajah. 

Baca: Gajah Mati di Pidie Akibat Terperangkap Jeratan Babi

"Ada lima saksi kita mintai keterangan, dan berdasarkan keterangan bahwa kematian tersebut diduga akibat tersengat aliran listrik dikebun milik tersangka," ujarnya. 

Kemudian pada (28/9) tim Opsanal Satreskrim menangkap Bustami di rumahnya, saat ini tersangka telah diamankan di Mapolres Pidie. 

"Tersangka mengakui perbuatannya yang menyebabkan seekor gajah mati akibat tersengat aliran listrik yang dipasang di kebunnya. Tersangka juga dibantu oleh dua rekannya berinisial D dan S," kata AKBP Zulhir Destrian yang turut didampingi Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto,

Tersangka memasang kawat ikat besi yang dialiri arus listrik di kebun cabainya dengan tujuan untuk menghalau babi, namun telah menyebabkan seekor gajah liar mati tersengat. Namun pihaknya akan terus melakukan pengembangan kasus kematian gajah liar itu. 

"Kemungkinan ada pelaku lain terlibat untuk memburu gading gajah untuk diperdagangkan," cetus Destrian. 

Sementara kepala BKSDA Aceh Agus Arianto menyebutkan, sepanjang tahun 2020 terdapat dua kasus kematian gajah liar yang terjadi di Aceh akibat tersengat arus listrik yakni lima ekor gajah di Kabupaten Aceh Jaya dan satu ekor di Pidie. 

"Kita menghibau kepada masyarakat agar jangan memasang kawat listrik di kebun, karena bukan hanya satwa yang menjadi korban namun juga berbahaya bagi keselamatan jiwa manusia," pintanya. 

Komentar

Loading...