Unduh Aplikasi

Seorang Jenderal TNI meninggal setelah tampil di hadapan SBY

Seorang Jenderal TNI meninggal setelah tampil di hadapan SBY
Marching band para alumnus Akademi Militer , Foto.Kompas
MAGELANG - Salah seorang anggota TNI peserta marching band dalam acara penyambutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Akademi Militer (Akmil) Kota Magelang meninggal dunia, Jumat (17/10/2014). Diduga, perwira tinggi tersebut meninggal karena serangan jantung.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, anggota TNI itu bernama Brigjen TNI Caprianus Sumarjo yang memiliki nomor registrasi pegawai 29041 dari Kesatuan Sesbalitbang Kementerian Pertahanan RI. Sumarjo merupakan anggota marching band alumnus Akmil yang memegang alat musik seruling.

Sebelum mengembuskan napas terakhir, warga Vila Melati Mas 1-11/29, RT 39/RW 09, Jelupang, Serpong Utara, Tangerang Selatan, itu pingsan saat kelompok marching band-nya tampil di hadapan Presiden SBY.

Sumarjo berada di barisan paling belakang. Setelah 10 meter melangkah dari garis start, tiba-tiba Sumarjo terjatuh.

"Saya lihat ada salah satu anggota marching band yang tiba-tiba saja terjatuh. Dia ada di barisan belakang sehingga belum melewati podium Bapak SBY, lalu petugas kesehatan ramai-ramai menolongnya," ujar Kurniawati, seorang wartawati yang melihat kejadian tersebut.

Sumarjo lalu dibawa oleh petugas kesehatan ke Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Tentara (RST) Kota Magelang. Kondisi perwira alumnus Akmil tahun 1980 itu sempat kritis hingga meninggal sekitar pukul 11.05 WIB.

Jenazah Sumarjo disemayamkan di rumah duka RST Kota Magelang sebelum kemudian diterbangkan ke rumah duka di Jakarta, sekitar pukul 15.00 WIB. Hingga berita ini ditulis, pihak Akmil maupun pihak terkait masih enggan untuk memberikan keterangan.

Seperti diberitakan, penampilan marching band merupakan salah satu rangkaian persembahan untuk SBY yang tidak lama lagi akan mengakhiri masa jabatannya sebagai kepala negara. Kelompok musik tersebut beranggotakan ratusan alumnus Akmil. Mereka tampil sesaat setelah SBY memberikan pidato pengarahan dan berpamitan kepada puluhan ribu jajaran anggota TNI dan Polri dari berbagai satuan di Stadion Sapta Marga Kompleks Akmil, Magelang.

|KOMPAS

Komentar

Loading...