Unduh Aplikasi

Senyum Sumringah Janda Tiga Anak Dapat Rumah Layak Huni

Senyum Sumringah Janda Tiga Anak Dapat Rumah Layak Huni
Rumah bantuan dan layak huni untuk Ramlah. Foto: AJNN.Net/Sarina

ACEH UTARA – Tidak menyangka dan bersyukur. Begitulah kalimat yang tersirat dari seorang janda tiga anak di Gampong Plu Pakam, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara.

Ramlah, wanita berusia 50 sama sekali tidak menduga akan menghuni rumah yang layak sebagai tempat berlindung dari teriknya matahari dan dinginnya malam bersama tiga orang anaknya itu.

Sembari memandangi rumah lama, Ramlah memulai ceritanya. Tiga tahun lalu, dia menghabiskan waktu di rumah berdinding pelepah rumbia yang ditancap secara berjajaran di tanah.

Bahkan jauh dari kata layak, rumah ukuran 3x4 beratapkan daun rumbia dan berlantaikan tanah itu menjadi istana peristirahatan bersama tiga orang anaknya.

Tidak terlihat pemandangan seperti kasur springbad, lemari baju, televisi, bahkan kompor gas. Janda yang baru bercerai dengan suaminya sejak dua tahun lalu, hanya tidur beralaskan tikar dan diselimuti kait yang terlihat kumuh dan kusut.

“Kalau hujan dan angin, saya memasangkan plastik karet berwarna hitam, supaya pakaian dan tempat tidur tidak basah,” kata wanita berkulit sawo matang itu, Kamis (31/10).

Rumah lama milik Ramlah yang tak layak huni. Foto: AJNN.Net/Sarina

Untuk menghidupkan tiga orang anaknya, Ramlah bekerja sebagai buruh upahan di kebun milik tetangganya. Dalam sehari, wanita paruh baya itu mampu menghasilkan uang Rp50 ribu.

“Uang itu untuk membeli beras, lauk dan uang jajan anak. Kalau cukup sih tidak, tapi harus dicukup-cukupi,” ujarnya sembari tangannya sesekali membetulkan jilbab hitam yang dipakai.

Sembari menggendong putri kecilnya yang masih duduk di Taman Kanak-Kanan, Ramlah mengaku terkadang untuk kebutuhan pokok sempat putus karena tidak memiliki uang.

“Kalau lagi putus, terkadang dibantu oleh tetangga untuk memenuhi kebutuhan makan,” ujarnya.

Namun, kesedihan dan keluh kesah itu hilang seketika dari wajah wanita itu saat menerima kunci rumah baru yang diserahkan langsung oleh Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib.

Rumah itu, merupakan salah satu kegiatan Rehap Rumah Tidak Layak pada Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 106 yang dilaksanakan oleh Kodim 0103 Aceh Utara.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur. Saya sama sekali tidak menyangka akan memiliki rumah layak seperti ini,” ujarnya dengan mata yang berkaca-kaca karena terharu bahagia.

Komentar

Loading...