Unduh Aplikasi

Senin, Jokowi lantik kabinet

Senin, Jokowi lantik kabinet
Jokowi , Foto.Tempo
JAKARTA - Presiden Joko Widodo akan melantik menteri-menteri baru pada Senin, 27 Oktober 2014, pukul 11.00 siang. Pelantikan akan dilakukan di Istana Negara dengan konsep yang lebih formal dan mengikuti protokoler yang ada.

Adapun pengumuman susunan kabinet, kata bekas Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto akan dilakukan pada Ahad sore, 26 Oktober 2014. Besok Jokowi akan memperkenalkan anggota kabinetnya dalam acara jamuan teh yang dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta. "Kemungkinan akan ada perkenalan anggota kabinet pada Minggu sore jam 16.00 di halaman antara Istana Merdeka dan Istana Negara," kata Andi.

Acara perkenalan, sengaja dilakukan pada Ahad untuk memberikan kesempatan bagi menteri yang tinggal di luar kota untuk datang ke Jakarta.

Pengumuman kabinet Jokowi sudah dua kali ditunda. Semula, Jokowi akan mengumumkan susunan kabinetnya pada Rabu malam, 22 Oktober 2014, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Rencana itu ditunda menjadi Jumat malam, 24 Oktober 2014, namun kembali dibatalkan.

Pembatalan dilakukan karena Jokowi masih mengkaji hasil laporan Komisi Pemberantasan Korupsi. Andi membantah bahwa pembatalan karena masih ada pertentangan soal kandidat menteri yang diajukan oleh partai. Andi mengatakan posisi menteri dari partai sudah pas sehingga tak mempengaruhi pengumuman kabinet.

|TEMPO

Komentar

Loading...