Unduh Aplikasi

Sempat Lama Terbengkalai, Pasar Simpang Tiga Redelong akan Segera Difungsikan

Sempat Lama Terbengkalai, Pasar Simpang Tiga Redelong akan Segera Difungsikan
Kondisi Pasar Simpang Tiga, Redelong, Bener Meriah. Foto: AJNN/Fauzi Cut Syam.

BENER MERIAH - Pasar Simpang Tiga yang selama ini terbengkalai usai dibangun oleh pemerintah kabupaten Bener Meriah menggunakan dana yang bersumber dari APBN 2017 melalui Kementerian Perdagangan sebesar Rp 5,5 miliar akan segera difungsikan sebagai pasar rakyat.

Pasar tersebut selama ini tidak bisa dipakai karena tidak adanya akses jalan, kalaupun ada, terlalu sempit dan lokasi parkir sebelumnya juga tidak tersedia.

Kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bener Meriah, Muharbi Metro kepada AJNN mengungkapkan bahwa Pemkab Bener Meriah sudah melakukan pembebasan sejumlah tanah masyarakat di sekitar lokasi pasar, sehingga pihaknya bisa membuat jalan masuk lebih luas menuju pasar tersebut.

"Sebenarnya tanah yang berada di seberang sungai kecil disamping pasar merupakan aset pemkab, lokasi ini nanti akan kita jadikan lahan parkir dengan pintu masuk melalui tanah masyarakat yang sudah diganti rugi oleh pihak pemkab melalui dinas pertanahan," ujar Muharbi Metro kepada AJNN di ruang kerjanya, Rabu (15/1/2020).

Untuk memudahkan akses ke dalam pasar, pemerintah Bener Meriah juga akan membangun jembatan di atas sungai kecil tersebut. Untuk usulan pembangunan jembatan ini menurut Muharbi sudah disetujui oleh Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi.

Dari pantauan AJNN, kondisi pasar tersebut sebenarnya cukup baik, walaupun di sekitar pasar terlihat dipenuhi semak dan rumput setinggi pinggang orang dewasa. Ruangan dalam pasar juga terlihat cukup rapi walaupun ada salah satu ruang terlihat dipakai untuk kandang ayam, yang tidak diketahui siapa pemiliknya.

Selain pasar Simpang Tiga, yang terletak di kecamatan Bukit, ada beberapa pasar lain yang selama ini masih semerawut dan belum sepenuhnya berfungsi. Pasar tersebut antara lain pasar Simpang Balek, Lampahan dan Pasar Buntul di Kecamatan Permata. Muharbi memastikan bahwa pihaknya akan terus berupaya maksimal membenahi semua lokasi pasar rakyat tersebut untuk memudahkan kegiatan perdagangan masyarakat dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bener Meriah.

Komentar

Loading...