Unduh Aplikasi

Sempat Ditutup Total, Kini RSUD Muyang Kute Bener Meriah Kembali Layani Pasien

Sempat Ditutup Total, Kini RSUD Muyang Kute Bener Meriah Kembali Layani Pasien
RSUD Muyang Kute saat ditutup dan tidak melayani pasien beberapa waktu lalu. Foto: AJNN/Fauzi Cut Syam.

BENER MERIAH - Setelah ditutup dan tidak melayani pasien, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muyang Kute mulai hari ini, Rabu (12/8/2020) akhirnya membuka kembali pelayanannya. Namun pembukaan layanan ini dilakukan secara bertahap dan selanjutnya akan dibuka kembali secara normal dalam beberapa waktu yang akan datang.

Sebelumnya RSUD Muyang Kute ditutup karena sejumlah Nakes, dua diantaranya dokter spesialis terkonfirmasi Positif Covid-19. Usai kejadian tersebut operasional rumah sakit ditutup total dan pelayanan umum serta Gawat Darurat terpaksa dialihkan ke beberapa Puskesmas terdekat. Selain itu sejumlah Nakes juga menjalani tes Swab.

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bener Meriah Riswandika Putra kepada AJNN mengatakan bahwa dibukanya kembali pelayanan RSUD Muyang Kute sesuai dengan arahan Bupati Bener Meriah, Tgk. H. Sarkawi beberapa waktu lalu.

Namun, untuk sementara waktu, layanan yang dibuka oleh pihak RSUD Muyang Kute hanyalah Instalasi Gawat Darurat (IGD), bedah, penyakit dalam, anak, obstetri dan geynecology. Sementara untuk layanan yang masih ditunda untuk dibuka kembali adalah layanan gigi, endoscopy layanan jantung, dan layanan jiwa.

”Layanan Jiwa dan Jantung belum bisa dibuka kembali karena dokter jantung dan jiwa saat ini sedang menjalani proses isolasi mandiri, jika keduanya sudah selesai isolasi mandiri, kemungkinan layanan jantung dan jiwa dibuka. Sedangkan untuk pelayanan gigi, resiko penularan Covid-19 tergolong tinggi,”ujar Riswandika di Redelong.

Selain itu Riswandika menghimbau agar masyarakat Kabupaten Bener Meriah yang akan berobat ke RSUD Muyang Kute atau ketempat fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, dihimbau agar dapat menggunakan masker, menjaga jarak 1 hingga 2 meter, rajin mencuci tangan menggunakan masker, dan menjaga etika batuk.

Pada saat yang sama Riswandika juga memberikan informasi bahwa saat ini, pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 yang masih menjalani isolasi tersisa 4 orang.

"Alhamdulillah, berkat do‘a, dan kerja keras semua komponen Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Bener Meriah. Semakin hari jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh terus bertambah. Sampai dengan hari ini tinggal 4 orang pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 yang masih menjaIani isolasi dan perawatan," ujar Riswandika.

”Kami mewakili Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bener Meriah mengucapkan terimakasih atas kerja sama dan kerja keras semua pihak baik itu pemerintah, masyarakat, teutama tenaga kesehatan yang selama ini berjuang digarda terdepan dalam penanganan outbreak Covid-19 dan upaya-upaya pencegahan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19,”ucap Riswandika Putra.

Riswandika juga juga mengungkapkan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bener Meriah yang masih berada di fasilitas karantina kabupaten berjumlah 2 orang pasien, dan diluar Kabupaten Bener Meriah ada 2 orang pasien yang menjalani isolasi, satu orang di RSUDZA, satu orang lagi di Asrama Haji Banda Aceh.

”Kita berdo’a agar semua warga kita ini dapat segera sembuh dari virus corona ini," ujar Riswandika.

Komentar

Loading...