Unduh Aplikasi

KASUS PENIPUAN CALO PNS

Sempat Ditahan Polda Aceh dan Kejari Pijay, Maimun Kini Berada di Luar Penjara

Sempat Ditahan Polda Aceh dan Kejari Pijay, Maimun Kini Berada di Luar Penjara
Petugas Kejari Pidie Jaya saat mengiring Maimun Rajapante ke Rutan Sigli. Foto: AJNN.Net/Muksalmina

PIDIE JAYA - Terdakwa kasus penipuan calo Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Aceh, Maimun Musa atau lebih tenar dengan sebutan Maimun Rajapante kembali menghirup udara segar di luar tahanan.

Seperti diketahui, Polda Aceh beberapa waktu lalu menahan serta menetapkan Maimun sebagai tersangka dalam kasus penipuan calo PNS di lingkungan Pemerintah Aceh. Kemudian Polda Aceh melimpahkan perkara tersebut ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Pidie Jaya, yang selanjutnya Kejari Pidie Jaya menjebloskan Maimun ke rutan Sigli, Kabupaten Pidie.

Namun dalam beberapa hari ini, Maimun Rajapante kembali terlihat dalam wilayah Kabupaten Pidie Jaya. Beberapa sumber yang menghubungi AJNN mempertanyakan terkait keberadaan terdakwa kasus penipuan calo PNS tersebut yang berada diluar tahanan.

"Dalam berita abang dan di beberapa media lainnya saya membaca Maimun Rajapante sudah ditahan, tapi dia kok masih berkeliaran bebas di luar," kata sumber terpercaya AJNN, Rabu (29/5).

Kajari Pidie Jaya melalui Kasi Pidum, Aulia yang dikonfirmasi AJNN via seluler membenarkan kalau Maimun Rajapante kini berada di luar tahanan.

Baca: Ajukan Eksepsi, Maimun Rajapante Tolak Semua Dakwaan Terhadap Dirinya

Aulia menjelaskan, terdakwa kasus penipuan calo PNS itu mengajukan pengalihan tahanan ke Hakim Pengadilan Negeri (PN) Pidie Jaya. Kemudian Hakim mengabulkan permohonan Maimun.

"Dia (Maimun) membuat permohonan pengalihan tahanan kepada hakim. Karena hakim mengabulkannya, maka tahanan itu tanggung jawab pengadilan, bukan lagi hak kami," kata Aulia.

Aulia menambahkan, dari sidang pertama Maimun telah mengajukan pengalihan tahanan, tetapi saat itu hakim tidak mengabulkan.

"Waktu pertama sidang Maimun telah mengajukan permohonan itu, tapi hakim tidak langsung mengabulkan saat itu. Terkait pertimbangan kenapa hakim mengabulkan permohonan Maimun, itu bukan hak saya menjawabnya," jelas Aulia.

Terpisah, keluarga korban yang nama engan dipublis sangat keberatan Maimun berada di luar tahanan, ia menilai ada permainan mengenai hal tersebut. Pihaknya berencana mempermasalahkan kasus tersebut hingga ke Mahkamah Agung (MA).

"Kami bersama kuasa hukum kami (YARA) akan membawa masalah ini ke MA," tegas sumber itu yang meminta namanya hanya ditulis NZ.

Hingga berita ini ditayangkan, AJNN belum berhasil mengkonfirmasi Pengadilan Negeri Pidie Jaya ihwal dikabulkannya pengalihan tahanan itu oleh hakim.

Komentar

Loading...