Unduh Aplikasi

Sempat Buron Dua Tahun, Pelaku Persetubuhan Anak Ditangkap

Sempat Buron Dua Tahun, Pelaku Persetubuhan Anak Ditangkap
Pelaku setubuhi anak di bawah umur ditangkap setelah masuk DPO. Foto: AJNN/Tommy

BANDA ACEH - AKA (20) warga Seulimum, Aceh Besar ditangkap tim gabungan Jatanras Polda Aceh dan Polresta Banda Aceh setelah buron dua tahun karena melakukan tindak pidana persetubuhan terhadap seorang siswi berusia 15 tahun

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto melalui Kasatreskrim AKP Muhammad Ryan Citra Yudha menyebutkan pelaku ditangkap di rumah neneknya yang dijadikan tempat persembunyian.

"Saat tim ke tempat persembunyiannya, pelaku sempat melarikan diri, namun berhasil ditangkap," kata Ryan, Sabtu (3/10).

Ryan menyebutkan pelaku masuk dalam daftar pencarian orang pada Desember 2018, setelah orang tua korban melaporkan perbuatan pelaku kepada putrinya yang saat itu berumur 15 tahun. 

"Sebelumnya pelaku sempat kami tangkap karena perbuatannya. Karena AKA saat itu masih di bawah umur maka kami titip ke Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (LPKS) dinas sosial. Namun, pelaku kabur dari lembaga itu dan polisi memasukkan remaja itu DPO," jelasnya. 

Korban ini, kata Ryan, merupakan pacar pelaku yang dikenalnya di media sosial. Kejadian persetubuhan itu terjadi di rumah kontrakan pelaku di Kecamatan Baitussalam. Korban dipaksa untuk melayani nafsunya. 

"Korban juga mendapat kekerasan karena menolak diajak berhubungan badan. Pelaku ditangkap atas informasi dari masyarakat yang bersembunyi di Gampong Tingkeum, Aceh Besar," kata Ryan.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Undang-undang pelindungan anak dengan ancaman hukuman penjara minimal 5 tahun. 

"Pelaku saat ini kami tahan di sel Mapolresta Banda Aceh," ungkap Kasatreskrim AKP Muhammad Ryan Citra Yudha. 

Komentar

Loading...