Unduh Aplikasi

Sempat Berubah Warna, Air Sungai Tiro Kembali Normal

Sempat Berubah Warna, Air Sungai Tiro Kembali Normal
Warga menjaring ikan yang mengapung akibat air sungai di Kecamatan Kembang Tanjong yang mengalami hitam pekat. Foto: AJNN/Salman

PIDIE - Air sungai Tiro di kawasan Kecamatan Kembang Tanjong, Kabupaten Pidie kini sudah normal kembali setelah sebelumnya berubah warna menjadi hitam secara mendadak, pada Rabu (29/1).

Keusyik Gampong Arusan, Kecamatan Kembang Tanjong Mahdi Amin kepada AJNN, Kamis (30/1) mengatakan, air sungai yang sempat tercemar sudah terbawa arus ke laut sehingga saat ini kondisinya air sudah normal kembali seperti biasa.

Baca: Diduga Tercemar Limbah, Air Sungai Tiro Berubah Jadi Hitam Pekat

"Saya tidak tahu penyebab air sungai berubah warna menjadi hitam hingga menyebakan ikan mati," ujranya.

Mahdi mengharapkan kepada Pemerintah Pidie melalui dinas terkait agar mencari tahu penyebab air sungai berubah menjadi warna hitam secara tiba-tiba.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Pidie, Safrizal mengatakan, pihaknya sudah mengambil sampel air yang tercemar di sungai Tiro di kawasan Kecamatan Kembang Tanjong.

"Sampel air yang tercemar itu sudah kita antar ke Lab untuk diteliti apakah ada kandungan limbah dalam air yang berubah warna menjadi hitam itu," ujarnya.

Jika hasil Lab membuktikan bahwa air sungai yang berubah hitam itu akibat limbah maka pihak DLH akan menindak tegas terhadap pabrik yang telah membuang limbah ke sungai.

"Kita masih menunggu hasil Lab, jika memang nanti hasil Lab membuktikan air sungai tercemar akibat limbah maka akan kita tindak sesuai aturan yang berlaku," cetus Safrizal.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...